Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

F1 Keluarkan Desain dan Aturan Baru untuk Musim 2021

Jumat 01 Nov 2019 09:15 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Logo Baru F1

Logo Baru F1

Foto: Autosport
Peraturan baru itu bertujuan membuat balapan yang lebih ketat dan seimbang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- F1 dan juga Federasi Otomotif International (FIA) baru saja memperkenalkan desain mobil baru dan peraturan yang digunakan pada seri balapan 2021 mendatang. Hal tersebut diumukan oleh CEO F1 Chase Carey bersama dengan Presiden FIA Jean Todt di Sirkuit American Austin, Texas, Amerika Serikat (AS), beberapa waktu lalu.

Adapun peraturan baru tersebut bertujuan untuk membuat balapan yang lebih ketat dan kompetisi yang lebih seimbang selain membawa efisiensi biaya ke F1.

"Tujuan awalnya adalah selalu untuk meningkatkan kompetisi dan aksi di trek. Dan membuat olahraga ini sebuah bisnis yang lebih sehat serta menarik untuk semua," kata Carey dilansir Marca, Jumat (1/11).

Setelah disetujui oleh Dewan Motor Sport Dunia, nantinya mobil F1 2021 akan memiliki desain lebih mengalir yang bertujuan untuk membuat balapan lebih ketat. Pun menggunakan ban berprofil rendah 18 inci dari Pirelli.

Dengan desain aerodinamika baru, seperti sayap depan yang memiliki sirip hiu di kedua sisinya dan sayap belakang yang revolusioner, mobil 2021 diharapkan kehilangan hanya 15 persen dari potensi downforce saat berjarak hanya satu mobil dari lawan.

Selain itu, peraturan baru juga mengklaim setiap tim tak boleh melebihi budget 175 juta dollar AS per tahun dalam menggunakan 21 seri balapan musim 2021. Hal itu dinilai mampu mengurangi kesenjangan antara tim-tim besar dan rivalnya yang lebih kecil.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA