Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

BNPB Siap Hadapi Banjir dengan Anggaran Rp 850 Miliar

Kamis 31 Oct 2019 20:35 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Andi Nur Aminah

Plh Kapusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo

Plh Kapusdatin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo

Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Anggaran tersebut dipakai jika terjadi bencana di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menyebut sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 850 miliar untuk mengantisipasi bencana banjir yang terjadi di berbagai daerah.

"BNPB sudah menyiapkan anggaran untuk akhir tahun untuk mendukung operasi penanggulangan bencana. Kami siapkan Rp 850 miliar untuk sisa tahun ini," kata Agus di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Kamis (31/10).

Kemudian, kata dia, anggaran tersebut dipakai jika terjadi bencana banjir di Indonesia. Apalagi di daerah-daerah yang susah diakses pasti membutuhkan bantuan operasi penanggulangan bencana dengan anggaran tersebut.

Baca Juga

Agus mengaku akan menyiapkan Satuan Petugas (Satgas) untuk membantu jika di suatu daerah terjadi bencana. Lalu, Agus menambahkan Pemerintah Daerah harus aktif karena BNPB hanya sebagai pendukung. "Kalau butuh dana kami siapkan bantuan logistik, keuangan, peralatan dari Rp 850 miliar itu," kata dia.

Menurutnya, anggaran tersebut cukup untuk semua daerah di Indonesia karena tidak semua daerah rawan banjir, seperti ada beberapa daerah Jawa dan Kalimantan. "Ya saya kira anggaran Rp 850 miliar cukup," kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA