Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Makanan Padat Gizi dengan Harga Terjangkau

Kamis 31 Oct 2019 08:36 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Almond and Yoghurt

Almond and Yoghurt

Foto: Onsugar
Jenis makanan ini bisa menjadi solusi memenuhi gizi tanpa menguras kantong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi makanan padat gizi tentu menjadi keinginan banyak orang. Tak hanya mengenyangkan, makanan padat gizi sudah pasti menyehatkan.

Namun, harga makanan padat gizi masih dianggap mahal untuk beberapa kalangan. Maka tak heran bila, banyak dari sebagian orang yang terpaksa mengabaikan gizinya.

Dilansir melalui Well Good, Kamis (31/10), Ahli Gizi dari American Academy of Dietetics, Malina Malkani, RDN, memberikan solusi terkait harga makanan bergizi. Menurutnya, mengonsumsi makanan padat nutrisi tetap bisa dilakukan tanpa menguras kantong.

Baca Juga

"Buatlah daftar belanja yang memenuhi gizi dengan mencakup empat jenis makanan yang mengandung protein, lemak sehat, serat, serta kombinasi kalsium dan probiotik," ujar Malkani.

Malkani mengatakan, beberapa makanan bisa dibeli dengan harga cukup terjangkau namun tetap padat gizi. Berikut adalah makanan padat gizi yang disebut Malkani dibanderol dengan harga terjangkau.



Protein dari kacang
Ketika berbicara tentang makanan yang padat nutrisi dan terjangkau bisa memanfaatkan aneka jenis kacang-kacangan. Makanan ini kaya akan protein nabati, banyak vitamin, mineral, dan antioksidan, dan tentu saja serat. Jenis kacang yang direkomendasikan, antara lain garbanzo, hitam, merah, dan cannellini.



Biji chia dan alpukat
Malkani mengatakan, biji adalah pilihan lain yang padat nutrisi dan terjangkau. Misalnya, biji chia mengandung serat dan mineral, serta tinggi lemak. Biji chia juga mengandung asam α-linoleat, asam lemak omega-3 yang mendukung kesehatan jantung.

Sementara alpukat, kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Alpukat juga mengandung 20 vitamin, mineral, dan fitonutrien. Lemak dalam alpukat juga berfungsi sebagai penambah nutrisi.

Selai kacang
Baik kacang dan mentega kacang yang terbuat dari kacang, mete, almond, kemiri, dan kenari adalah pilihan tepat untuk makanan padat nutrisi. Studi juga menunjukkan bahwa makan kacang membuat seseorang cepat kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Yoghurt
Ada banyak cara mewah untuk mengonsumsi probiotik. Tapi tak ada yang semudah dan semurah mengonsumsi yoghurt. Yoghurt adalah makanan padat nutrisi yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalsium dan protein.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA