Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Sultan Sokoto Minta Umat Islam Amati Hilal Rabiul-Awwal

Senin 28 Oct 2019 16:06 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko

Hilal, ilustrasi

Hilal, ilustrasi

Rabiul-Awwal merupakan bulan di mana Nabi Muhammad SAW lahir.

REPUBLIKA.CO.ID,SOKOTO -- Sultan Sokoto Alhaji Sa'ad Abubakar III menyeru umat Islam di Nigeria untuk mulai mengamati bulan (hilal) sebagai tanda memasuki bulan Rabiul-Awwal 1441 Hijriyah. Abubakar menyerukan hal itu dalam sebuah pernyataan yang ditandatangani oleh ketua Komite Penasihat Urusan Agama di Dewan Kesultanan, Prof Sambo Junaidu. 

Penampakan bulan baru atau hilal menjadi pertanda masuk awal bulan ketiga dalam kalender Islam. Rabiul-Awwal merupakan bulan di mana Nabi Muhammad saw lahir. 

"Ini untuk menginformasikan kepada umat Islam bahwa hari ini, 28 Oktober 2019, yang setara dengan hari ke-29 Safar 1441 H, akan menjadi hari untuk mengamati bulan baru Rabiul-Awwal 1441 H," demikian pernyataan Sultan Sokoto, seperti dilansir di Leadership Newspaper, Senin (28/10).

"Oleh karena itu, umat Islam diminta untuk mulai mencari dan mengamati bulan baru hari ini dan melaporkan penampakannya ke distrik terdekat atau kepala desa untuk komunikasi selanjutnya dengan Sultan," lanjut pernyataan itu. 

Sementara itu, dalam surat pernyataan itu Sultan juga memanjatkan do'a yang memohon pertolongan Allah bagi semua Muslim dalam melaksanakan kewajiban agama mereka.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA