Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Kenali Tanda-Tanda Penuaan Dini

Senin 28 Oct 2019 05:15 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Keriput (Ilustrasi)

Keriput (Ilustrasi)

Foto: Womans Health Mag
Tanda penuaan bisa terlihat lebih cepat dari yang seharusnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi tua adalah hal yang tidak bisa dihindari. Apalagi kombinasi pekerjaan yang semakin menuntut, jadwal tidur yang buruk, makanan cepat saji yang mudah diakses, dan fakta bahwa kita secara harfiah selalu terhubung melalui email atau media sosial berarti kita memiliki potensi untuk menua lebih cepat dari sebelumnya.

Namun, jika Anda merawat tubuh dan pikiran Anda dengan baik, Anda dapat menua dengan anggun dan memastikan bahwa tahun-tahun yang Anda tempuh benar-benar sehat dan bahagia. Berikut adalah beberapa tanda utama Anda menua lebih cepat dari yang seharusnya, dilansir di Mind Body Green, Senin (28/10).

Lemak di pinggang
Faktanya, dibandingkan dengan hanya kelebihan berat badan, lemak perut ini dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner, penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe 2, yang semuanya dapat menyebabkan kematian dini. Wanita berisiko lebih tinggi untuk lemak perut lebih besar setelah menopause ketika estrogen menurun dan lemak tubuh bergeser ke perut.


Kulit kering dan kusam
Jika kulit Anda kering, iritasi, dan pucat, cobalah mencari tahu. Sebab, kulit adalah cerminan luar dari kesehatan tubuh kita.

Seiring bertambahnya usia, secara alami kulit berhenti memproduksi sebanyak mungkin ceramide sehingga menyebabkan kulit kering, iritasi, dan kerutan.  Suplementasi phytoceramide dapat membantu mendukung kadar ceramide normal dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Baca Juga

 

Mudah Lelah
Aktivitas sehari-hari yang padat dan tidak mendapatkan cukup tidur berkualitas tinggi akan menyebabkan mudah lelah. Tanpa tidur yang cukup, kita tidak dapat mengatur gula darah dengan benar karena regulasi gula darah adalah inti dari proses penuaan. Kelelahan kronis juga bisa menjadi tanda bahwa Anda tidak cukup mendukung mitokondria, yang merupakan pembangkit tenaga penghasil energi sel Anda.


Mata selalu merah dan iritasi
Mata merah dan iritasi bisa menjadi pertanda bahwa Anda tidak cukup tidur, menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar, atau yang lebih mengkhawatirkan adalah keseluruhan sistem Anda meradang.

Faktanya, beberapa ahli percaya bahwa mata merah yang tidak merespon pengobatan umum merupakan indikator peradangan kronis dan mungkin berhubungan dengan kondisi seperti artritis atau disfungsi tiroid. Peradangan juga merupakan pendorong dari hampir setiap penyakit kronis.


Pelupa atau tidak bisa berkonsentrasi
Pelupa bisa menjadi tanda alami penuaan, tetapi ketika Anda masih relatif muda, masalah ini kemungkinan merupakan indikator bahwa Anda tidak merawat diri sendiri. Stres yang berlebihan, kurang tidur, dan pola makan yang buruk dan kekurangan nutrisi bisa menjadi penyebab, dan semua hal ini dapat berdampak negatif pada tubuh Anda dan mempercepat proses penuaan.


Memiliki masalah pencernaan
Masalah pencernaan seperti sering sembelit atau diare, kram, dan kembung adalah tanda bahaya yang dialami kesehatan usus Anda karena beberapa alasan. Ini merupakan hal yang buruk, karena kesehatan usus yang buruk sering dikaitkan dengan peradangan kronis yang mendorong proses penuaan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA