Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Kunjungan Turis ke Purwakarta Baru 60 Persen dari Target

Senin 28 Oct 2019 16:51 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

 Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga

Kunjungan turis sedikit ke Purwakarta karena Taman Sri Baduga tak dapat dioperasikan

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kasi Promosi dan pengembangan produk wisata Daerah, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Acep Yulimulya menyebut targetan jumlah kunjungan pada tahun ini besar kemungkinan tidak akan tercapai.

Hal tersebut disebabkan sejumlah faktor, salah satunya adalah faktor cuaca yang membuat debit air di Situ Buleud menyusut. Sehingga Taman Air Mancur Sri Baduga tidak dapat dioperasikan. Padahal selama ini, destinasi wisata yang satu ini penyumbang terbesar wisatawan.

"Tahun ini kita targetkan 4 juta pengunjung, tapi hingga Oktober ini baru 2 juta lebih atau sekitar 60 persen, rasanya kemungkinan besar tidak tercapai," ungkap dia.

Jika berkaca pada tahun kemarin jumlah kunjungan mencapai 2,5 juta seharusnya targetan 4 juta tercapai, apalagi ditunjang destinasi wisata yang semakin berkembang. Namun faktanya musim kemarau panjang membuat di luar dugaan terjadi.

Namun demikian, sambung Acep pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menggenjot jumlah kunjungan disisa waktu yang ada, salah satu upaya akan dilakukan adalah mendorong pengelola wisata untuk berinovasi agar mampu menarik jumlah pengunjung disamping terus melakukan promosi wisata melalui berbagai event.

AYO BACA : Perajin Perahu Jatiluhur Terancam Punah

"Kalau dilihat sih memang mustahil tercapai. Tapi kami upaya akan kita lakukan minimalnya mendekati angka 100 persen,”katanya.

Menurutnya, jika melihat grafik jumlah kunjungan wisatawan mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Kondisi ini terjadi, setelah pemerintah terus melakukan pemolesan dan pengembangan di sejumlah lokasi pariwisata menjadi lebih indah.‎

“Saat ini, sudah semakin banyak lokasi wisata di wilayah kami. Makanya, data tahun lalu saja, jumlah kunjungan ke kita mencapai lebih dari 2,3 juta,”tuturnya.

Dari jumlah pengunjung itu, sambung dia 2% di antaranya merupakan wisatawan asing yang datang ke daerah mayoritas untuk berwisata adventure.

"Kami bersyukur karena saat ini Purwakarta sudah jadi salah satu tujuan wisatawan mancanegara. Salah satu, tujuan wisatawan asing itu, yakni objek wisata berbasis petualangan,"ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA