Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Erick Thohir Segera Cari Pengganti Dirut Inalum dan Mandiri

Jumat 25 Oct 2019 18:24 WIB

Red: Nur Aini

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan pada acara serah terima jabatan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10).

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan pada acara serah terima jabatan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (23/10).

Foto: Republika/Prayogi
Direktur Utama Inalum dan Bank Mandiri ditunjuk sebagai wakil menteri BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir segera mencari pengganti Direktur Utama (Dirut) PT Inalum dan Bank Mandiri yang ditunjuk dan dilantik Presiden Joko Widodo serta Wapres Ma'ruf Amin masing-masing sebagai Wakil Menteri BUMN.

"(Bapak Budi Gunadi Sadikin) sudah mengundurkan diri, nanti kita akan segera cari penggantinya seperti di Bank Mandiri. Akan kita usulkan," ujar Erick Thohir di Jakarta, Jumat (25/10).

Erick menjelaskan bahwa saat ini calon pengganti untuk Budi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo belum ada, mengingat calon pengganti dirut Inalum dan Mandiri harus melalui proses mengusulkan calon kepada Presiden Jokowi lewat tim penilai akhir.

Baca Juga

"Yang pasti tidak mungkin satu calon untuk dirut Inalum dan Mandiri," katanya.

Terkait tugas pokok dan fungsi atau tupoksi antara Wamen BUMN dan para deputi kementerian BUMN, Erick Thohir mengatakan akan ada job desk baru untuk para deputi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menunjuk dan melantik sejumlah wakil menteri, termasuk dua wakil menteri BUMN pada Jumat (25/10). Direktur PT Inalum Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo masing-masing ditunjuk sebagai Wakil Menteri BUMN I serta II oleh Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin.

Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng menilai penunjukkan dua wakil menteri (wamen) BUMN tersebut untuk membuat BUMN bergerak lebih cepat. Dia mengatakan bahwa tugas BUMN akan lebih berat lagi, mengingat BUMN merupakan sentral dari pada pengelolaan kegiatan ekonomi indonesia. Selain itu, peranan BUMN tidak hanya didorong untuk untung tapi BUMN ini juga bagian daripada negara.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA