Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Agus Gumiwang dari Mensos Jadi Calon Menperin

Selasa 22 Oct 2019 17:51 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Politisi partai Golkar yang juga mantan Menteri Sosial Agus Gumiwang melambaikan tangan saat tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Politisi partai Golkar yang juga mantan Menteri Sosial Agus Gumiwang melambaikan tangan saat tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Agus mengaku siap membantu dalam kabinet periode lima tahun mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Sosial era Joko Widodo-Jusuf Kalla, Agus Gumiwang Kartasasmita merapat ke Istana Kepresidenan Jakarta untuk memenuhi undangan Presiden Jokowi pada Selasa (22/10) pukul 10.00 WIB. Agus datang mengenakan kemeja putih lengan panjang, sebagaimana para calon menteri yang akan menjadi bagian dari kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin periode 2019-2024, sambil melambaikan tangan.

Usai bertemu Presiden Jokowi, Agus mengungkapkan dia diminta membantu Jokowi untuk bidang pembangunan sumber daya manusia dan transformasi manufaktur. “Beliau (Jokowi) memberikan tugas kepada saya berkaitan dengan pertama kita perlu membangun sumber daya manusia yang unggul di segala bidang dan beliau menugaskan kepada saya berkaitan dengan pentingnya kita melakukan transformasi manufaktur, mengingatkan pentingnya kita bisa menciptakan kondisi di mana industri kecil bisa jadi rantai pasokan di industri," kata Agus.

Saat ditanya apakah jabatan barunya adalah Menperin, Agus menegaskan kepastiannya akan diumumkan oleh Presiden Jokowi pada Rabu (23/10). Terkait wacana penggabungan Kementerian Perindustrian dengan Kementerian Perdagangan, Agus menyampaikan bahwa hal itu juga akan diumumkan Rabu. Agus mengaku siap membantu dalam kabinet periode lima tahun mendatang.

"Profil kabinet itu sendiri termasuk figur-figur yang siap membantu Bapak Presiden," ucap Agus menambahkan.

Agus Gumiwang adalah politikus Golkar ketiga yang mendatangi Istana Negara. Sebelumnya, pada Senin (21/10), Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu juga melenggang ke Istana Negara. Menjadi bagian dari pemerintahan bukan hal baru bagi Agus.

Putera Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri ke-6 Ginandjar Kartasasmita ini mengawali tugasnya sebagai menteri pada era pemerintahan Jokowi-JK untuk menggantikan Idrus Marham sebagai Menteri Sosial. Pada 24 Agustus 2019, Agus resmi menjadi Mensos, sehingga ia merasakan menduduki posisi menteri selama sekitar dua bulan.

Pria kelahiran Jakarta, 3 Januari 1969 ini sempat menjabat sebagai Sekretaris Fraksi di DPR. Namun jabatan tersebut dilepasnya ketika ditunjuk sebagai menteri.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA