Rabu 16 Oct 2019 17:11 WIB

Meski Pendatang baru, Skutik Ini Langsung Dapat Penghargaan

Selama pameran GIIAS 2019, Honda ADV berhasil menyita perhatian pengunjung

Tampak para peraih penghargaan Forwot Car and Motorcycle of The Year berpose bersama usai menerima penghargaan.
Foto: Dok Istimewa
Tampak para peraih penghargaan Forwot Car and Motorcycle of The Year berpose bersama usai menerima penghargaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA,-- Meski tergolong sebagai pendatang baru,  Honda ADV berhasil merebut perhatian pecinta sepeda motor Tanah Air. Tak mengheranka bila kehadiran skutik terbaru andalan PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut dinobatkan sebagai Forwot Motorcycle of The Year (FMY) 2019.

Menurut ketua Umum Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) Indra Prabowo, Selasa (15/10) tahap pertama penjurian, kendaraan roda dua yang masuk nominasi adalah produk terbaru yang sudah terjun ke pasar dalam periode September 2018 sampai Agustus 2019. Di tahap awal terdapat 15 motor terbaru yang diluncurkan tiap agen pemegang merek dalam periode tersebut. 

Jenisnya cukup banyak mulai dari naked bike, sport bike, sampai Skutik (skuter otomatis) dan proses pemilihan pertama itu dilakukan oleh 83 juri dari berbagai media berbeda. Kemudian terpilih 5 motor yang lolos ke tahap penilaian akhir, yakni Honda ADV 150, Yamaha MT-15, Suzuki GSX 150 Bandit, Yamaha FreeGo, Kawasaki Ninja 250. Kelima motor tersebut kembali dinilai oleh dewan juri yang sudah diseleksi Forwot berdasarkan pengalamannya.

Jumlah juri yang melakukan penilaian terdiri dari 21 jurnalis, dan tiap juri mengantongi 25 poin untuk melakukan penilaian kelima motor tersebut. Berbagai macam aspek penilaian menjadi dasar utama Honda ADV 150 bisa dinobatkan sebagai Motorcyle of The Year 2019.

Ketua Dewan Juri Forwot Motorcycle of the Year 2019 Jeffry Yanto Sudibyo mengatakan, Honda berhasil mempertahankan produk-produknya selama dua tahun beruntun pada FMY. 

Skutik bermesin 150cc tersebut meraih penilaian tertinggi dengan jumlah 144 poin. Posisi kedua ditempati oleh Yamaha MT-15 dengan catatan 105 poin, Suzuki GSX150 Bandit 93 poin, Yamaha FreeGo 93 poin, dan Kawasaki Ninja 250 meraih 90 poin.

Selama 10 hari hadir di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 antusias masyrakat terhadap ADV 150 sangat tinggi, dan nama ADV 150 pun menjadi trending topik di jagad maya.

Jumlah angka pemesanannya selama pameran itu pun mencapai ratusan unit per-hari.  "Skutik yang mengusung gaya petualang itu cukup menyita perhatian dengan desainnya yang gagah, dan fitur-fitur  ditawarkan sesuai kebutuhan masyarakat zaman sekarang," ujar Jeffry.

Forwot juga menobatkan Wuling Almaz sebagai Forwot Car of the Year (FCY) 2019  setelah mengalahkan 4 finalis lain DFSK Glory 560, Honda Brio, Mazda 3, dan Suzuki Jimny. Jumlah mobil FCY 2019 mencapai 36 mobil baru yang diluncurkan dan sudah dijual di Indonesia dalam periode Agustus 2018 sampai Juli 2019.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement