Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Tips Mencuci Sepatu Agar Tetap Kinclong

Selasa 15 Oct 2019 02:32 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Sepatu (ilustrasi)

Sepatu (ilustrasi)

Foto: Antara
Jangan letakkan sepatu di tempat yang terpapar langsung di bawah sinar matahari.

Ceknricek.com -- Sepatu merupakan salah satu item yang butuh perawatan khusus. Celakanya, karena kesibukan yang padat seringkali menjadi penyebab jarang mencucinya.

Sesekali tak ada salahnya mencoba membersihkan sepatu sendiri. Agar tenaga dan waktu yang dikeluarkan tak sia-sia, berikut tips mencuci sepatu yang baik dan benar seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Lepas tali sepatu
Langkah pertama yang harus dilakukan saat mencuci sepatu, lepaskan terlebih dahulu talinya. Kemudian, gosok tali di atas penggilasan atau papan pencuci dengan sikat yang diberi sabun. Biarkan dan pastikan tali sepatu benar-benar mengering sebelum dipasang kembali.  

Bersihkan sol
Selanjutnya lepaskan dan bersihkan sol sepatu bagian dalam. Gosok sol bagian dalam menggunakan sikat lembut atau kain lap dengan campuran air hangat dan sabun cair. 

Biarkan agar benar-benar mengering sebelum dipasang kembali ke sepatu. Ini adalah salah satu cara mencuci sepatu agar tidak mudah rusak. 

Sikat bagian luar
Untuk menghilangkan kotoran berlebih pada bagian luar sepatu, gunakanlah sikat berbulu halus. Bisa juga menggunakan sikat sepatu atau sikat gigi halus yang sudah tidak terpakai. 

Gosoklah kotoran tersebut pada bagian luar sepatu. Untuk bagian yang sulit, Anda bisa menggunakan kapas pentol atau tusuk gigi. 

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Sepatu Putih Supaya Tetap Terlihat Baru

Langkah berikutnya, oleskan sedikit larutan pembersih pada spons, lap lembut, atau sikat, dan gosoklah bagian luar sepatu. Hal ini membutuhkan sedikit usaha dan beberapa kali percobaan, tergantung kondisi kebersihan sepatu Anda. 

Jika warna putih pada bagian bawah sepatu sudah mulai luntur, gunakanlah pasta gigi pada bagian tersebut, kemudian bilas dengan air. Cara ini dapat bekerja sangat efektif mengembalikan warna putih yang sudah menguning atau kotor pada sepatu Anda.  

Cuci Sepatu
Sebelum mencuci sepatu, biasakan untuk selalu baca label perawatan di sepatu. Label tersebut akan menyarankan cara terbaik untuk mencuci sepatu berdasarkan jenis kain yang mereka buat. Jika sepatu tidak dapat dicuci, cukup sikat saja bagian luar sepatu.

Keringkan sepatu, tali sepatu, dan sol sepatu dengan meletakkannya pada tempat dengan kondisi cahaya yang cukup dan suhu ruangan yang tidak terlalu kering. Jangan letakkan di tempat yang panas atau terpapar langsung di bawah sinar matahari langsung karena bisa merusak sepatu.

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA