Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Mukesh Ambani Belum Tergoyahkan Jadi Orang Terkaya di India

Selasa 08 Oct 2019 13:01 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Belum Beranjak, Sudah Sewindu Mukesh Ambani Jadi Orang Terkaya di India. (FOTO: YouTube)

Belum Beranjak, Sudah Sewindu Mukesh Ambani Jadi Orang Terkaya di India. (FOTO: YouTube)

mukesh Ambani memiliki harta 51,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 728,7 triliun

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Mukesh Ambani masih menempati posisi pertama sebagai orang terkaya di India. Ia sudah bertahan di posisi itu selama satu windu, atau delapan tahun.

India Rich List versi IIFL Wealth Hurun India mengumumkan bahwa Ambani memiliki harta kekayaan sebesar US$51,4 miliar atau sekitar Rp728,7 triliun. Selain di India, ia juga menjadi yang terkaya di Asia.

Pundi-pundi kekayaan Ambani berasal dari kesuksesan perusahaannya, yakni Reliance Industries yang bergerak di sektor energi, tekstil, petrokimia, dan mulai merambah ke jaringan digital. Perusahaan itu dibangun oleh bapaknya, Dhirubhai Ambani.

Baca Juga: Orang Terkaya Se-Asia, Hidupnya Biasa Saja

Dari keseluruhan nama-nama orang kaya di India, total kekayaan 25 orang di sana setara dengan 10 persen GDP negara tersebut. India juga selama ini menjadi contoh negara dengan tingkat ketimpangan ekonomi yang tinggi di dunia.

Laporan Oxfam menyebut 10 persen orang terkaya India memegang 77 persen kekayaan nasional. Di saat yang sama, 63 juta orang India menjadi miskin akibat ongkos layanan kesehatan.

Baca Juga: 20 Orang Terkaya di AS, Selisih Hartanya Cuma Dikit...

"Apa yang terutama mengkhawatirkan pada kasus India adalah ketimpangan ekonomi ditambahkan ke masyarakat yang sudah retak karena kasta, agama, wilayah, dan gender," ujar Profesor Himansu yang mengajar ekonomi di Universitas Jawaharlal Nehru.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA