Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Tip Sukses di Usia Muda Ala Samantha Jackson

Senin 07 Oct 2019 08:28 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Reiny Dwinanda

Samantha Jackson dan Farzin Yousefian membatalkan pesta pernikahan mewah mereka untuk membantu para pengungsi Suriah yang ada di Kanada.

Samantha Jackson dan Farzin Yousefian membatalkan pesta pernikahan mewah mereka untuk membantu para pengungsi Suriah yang ada di Kanada.

Foto: bbc
Samantha Jackson merupakan co-founder Percolate Galactic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sukses di usia muda merupakan impian banyak orang. Namun, pastinya tidak mudah untuk mencapai kesuksesan di usia muda.

Pperlu komitmen dan kerja keras. Bahkan, harus rela jatuh bangun agar bisa mencapai kesuksesan itu.

Yuk, belajar dari orang-orang yang sudah sukses. Berikut tips sukses dari Co-Founder Percolate Galactic, Samantha Jackson, yang sukses di dunia seni dan perusahaannya telah memenangkan berbagai penghargaan.

1. Kreatif
Untuk meraih kesuksesan harus berani berpikir berbeda dengan orang lain. Dengan berpikir berbeda dengan orang lain kita bisa menangkap kesempatan-kesempatan yang tidak biasa untuk mendapatkan keuntungan.

2. Tidak takut membuat kesalahan
Banyak anak muda yang tidak mau mengambil risiko karena takut dianggap salah oleh orang-orang sekitar. Sikap seperti itu akan mematikan kreativitasmu.

“Harus berani salah, karena dengan mengambil risiko itu kita bisa terus belajar dan  menghasilkan ide-ide kreatif. Aku enggak muda lagi, tapi aku masih melakukan kesalahan," ujarnya saat diwawancarai Republika.co.id dalam acara Ideafest di JCC 2019 Senayan, Jakarta, Sabtu (5/10).

3. Tidak egois
Sifat ini perlu dihindari oleh setiap anak muda yang ingin sukses. Mempunyai sifat egois artinya kita tidak mau menerima masukan dari orang lain.

Padahal, dengan mendengarkan masukan dari orang lain, kita dapat meningkatkan kemampuan yang sudah dimiliki. "Kita boleh bangga dengan kemampuan diri sendiri, namun harus tetap menerima masukan dari orang lain," ujarnya.

4. Tidak berhenti belajar
Orang yang sukses pasti tidak pernah merasa puas dan berusaha terus belajar hal-hal yang baru. Teknologi terus berkembang. Jika kita tidak memutakhirkan kemampuan seiring berjalannya waktu bisa jadi kemampuan kita tidak akan terpakai.

5. Nikmati proses
Kebanyakan anak muda ingin semuanya instan dan tidak mau menikmati proses. Semua orang harus mau mulai dari bawah karena yang terpenting dalam meraih kesuksesan adalah prosesnya.

"Kalau kita mau mulai dari bawah, kita bisa menghargai waktu, lebih humble dan nanti kalau kita berada di posisi bawah, kita tahu bagaimana cara menyikapinya dan tidak terpuruk," ujarnya.


Menurutnya, Indonesia memiliki banyak anak muda yang sangat bertalenta. Oleh karena itu,  ujarnya, harus terus bersemangat untuk mencapai kesuksesan tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA