Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

6 Manfaat Latihan Dumbbell untuk Kekuatan Otot

Jumat 04 Oct 2019 00:24 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Dumbbell berbentuk tongkat besi pendek yang memilik beban di kedua ujungnya.

Ceknricek.com -- Tahukan Anda, jika selama ini masih banyak masyarakat yang keliru dengan pengertian dari 2 jenis alat olahraga? Barbell dan dumbbell.

Pada dasarnya keduanya memang digunakan untuk jenis olahraga angkat beban, hanya bentuknya saja yang berbeda. Dumbbell berbentuk tongkat besi pendek yang memilik beban di kedua ujungnya, dan bisa di-handle dengan satu tangan. Sementara, barbell terbentuk dari tongkat panjang yang kedua ujungnya bisa dipasang beban sesuai keinginan.

Nah, bagi para pemula, ada baiknya memulai latihan angkat beban dengan dumbbell. Latihan dumbbell yang baik dan benar, bisa meningkatkan kekuatan dan massa otot. Bahkan, bisa dibilang bahwa, untuk memaksimalkan kekuatan otot, latihan dumbbell merupakan bagian penting dalam rutinitas.

Mau tahu apa saja keuntungan yang bisa kamu raih dari latihan dumbbell? Berikut 6 manfaat latihan dumbbell.

Meningkatkan kestabilan dan aktivasi otot
Sebuah studi membandingkan aktivitas Electromyography/EMG dari otot dada, tricep, dan bicep ketika latihan barbell bench press, smith machine bench press, dan dumbbell bench press.

Pada otot dada dan tricep, latihan barbell dan dumbbell tidak jauh berbeda. Namun, aktivitas otot bicep pada latihan dumbbell jauh lebih tinggi. Kenapa? Karena latihan dumbbell melatih stabilitas otot.

Menemukan masalah keseimbangan dan menyeimbangkannya
Latihan dumbbell memaksa tanganmu bergerak secara mandiri. Kalau salah satu lenganmu lebih lemah dibandingkan lainnya, kamu harus mengatasinya. Tidak ada jalan pintas untuk hal ini.

Dengan mesin, tangan yang kuat bisa membantu sisi yang lemah. Namun, dumbbell memaksamu untuk melatihnya. Membuatnya menjadi perangkat yang efektif untuk menyeimbangkan kekuatan tungkai.

Aman dilakukan sendiri
Latihan bench press atau heavy squat dengan barbell itu berisiko. Kalau lenganmu kepayahan, bisa jadi kamu tercekik atau tertimpa. Oleh karena itulah, kamu membutuhkan rekan atau spotter ketika latihan bench press.

Dalam hal ini, latihan dengan dumbbell lebih “aman”. Kalau kamu tidak kuat, ya lepas saja bebannya. Istirahat dan latihan lagi.

Lebih banyak opsi
Dumbbell juga memungkinkan kamu untuk latihan secara intensif. Ada banyak sekali pola latihan kombinasi yang bisa kamu lakukan dengan dumbbell. Teknik rack and run, misalnya, hanya bisa kamu lakukan dengan dumbbell. Tidak bisa dengan mesin atau barbell.

Meningkatkan range of motion
Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan otot adalah menambah range of motion-nya. Sederhananya, semakin bervariasi gerakannya, semakin kuat pula otot tersebut. Semakin luas otot yang terpapar latihan, semakin kekar juga otot tersebut.

Latihan dengan mesin row atau barbell bisa dibilang terbatas cakupan gerakannya. Dalam hal ini, latihan dumbbell lebih superior dibandingkan mesin atau barbell.

Memberikan keleluasaan dalam bergerak
Ketika latihan bench press dengan barbell, lengan dan bahumu “terkunci” dalam seperangkat pola gerakan. Kalau salah satu area lengan atau bahumu sedang sakit, kemungkinan besar kamu tidak bisa latihan hari itu. Harus menunggu sampai sakitnya reda.

Situasinya berbeda dengan dumbbell. Dengan dumbbell, kamu bisa memodifikasi latihanmu. Kamu bisa membuat gerakan yang tidak “menyentuh” bagian yang cedera.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA