Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Sah, Bamsoet Terpilih Aklamasi Jadi Ketua MPR

Kamis 03 Oct 2019 21:38 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah

Suasana pemilihan ketua MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

Suasana pemilihan ketua MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).

Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Bamsoet terpilih setelah mendapat persetujuan terakhir dari Partai Gerindra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo secara aklamasi resmi terpilih menjadi Ketua Umum MPR. Hal itu ditetapkan dalam rapat paripurna pemilihan ketua MPR, Kamis (3/10) malam. 

"Dengan persetujuan Gerindra yang terakhir maka secara musyawarah mufakat dan secara aklamasi saudara Bamsoet terpilih sebagai ketua MPR," kata ketua MPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe. 

Bamsoet pun berdiri dan menyalami pimpinan MPR terpilih dan anggota yang duduk di barisan depan. Ia juga menyalami Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang hadir dalam rapat paripurna tersebut. "Terima kasih kepada ketua umum saya Pak Airlangga," kata Bamsoet melalui pengeras suara di meja anggota. 

Baca Juga

photo
Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menyatakan dukungannya untuk Bambang Soesatyo dalam pemilihan Ketua MPR periode 2019-2024, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).
Bamsoet juga berjalan ke arah tempat duduk Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Keduanya tampak bersalaman dan berpelukan. 

Sebelumnya tarik menarik ketua MPR terjadi antara Gerindra yang mengusung Ahmad Muzani dan Golkar yang mengusung Bambang Soesatyo. Ketua Fraksi MPR Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, setelah adanya kesepakatan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri maka Gerindra sepakat untuk musyawarah mufakat mendukung Bamsoet sebagai  ketua MPR.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA