Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Mendagri Ucapkan Selamat untuk Puan

Selasa 01 Oct 2019 22:51 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah

Suasana pelantikan pimpinan DPR periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Suasana pelantikan pimpinan DPR periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Puan terpilih menjadi ketua DPR wanita pertama di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengucapkan selamat atas dilantiknya Puan Maharani sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) periode 2019-2024. Puan dilantik pada Selasa (1/10) malam.

"Sebagai Mendagri dan Anggota PDIP, saya menyampaikan ucapan selamat dan bangga atas terpilihnya Ibu Puan Maharani, Anggota DPR RI hasil Pemilu Legislatif dengan suara terbanyak dan diambil sumpahnya sebagai ketua DPR RI periode 2019-2024 bersama 4 (empat) wakil ketua," kata Tjahjo di Jakarta, Selasa (1/10).

Baca Juga

Dengan pengalaman sebagai politikus perempuan yang telah malang melintang di dunia perpolitikan Indonesia, Tjahjo meyakini Puan akan dapat memainkan peranannya di DPR.

"Saya yakin dengan pengalaman Ibu Puan selama ini, baik sebagai Menko PMK, anggota DPR RI dengan perolehan suara terbanyak dan Pimpinan DPP PDIP, akan membawa angin segar terhadap lembaga DPR RI dengan menjalankan fungsinya di dalam kebijakan pengambilan keputusan politik, anggaran, politik legislasi, dan fungsi pengawasan secara konstitusional," ujarnya.

Puan Maharani merupakan ketua DPR RI perempuan pertama selama 74 tahun Indonesia merdeka. Dengan mewakili keterwakilan perempuan di parlemen, Tjahjo optimistis Puan dapat mengimplementasikan Pancasila dalam setiap kebijakannya.

"Yang membanggakan, Ibu Puan tercatat sebagai Ketua DPR RI wanita pertama selama 74 tahun NKRI, dan saya optimis implementasi Pancasila akan tercermin dalam setiap pengambilan keputusan politik pembangunan di dalam lembaga DPR RI," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA