Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Puan Maharani Dilantik Jadi Ketua DPR RI Malam Ini

Selasa 01 Oct 2019 16:57 WIB

Rep: Arif Satrio/ Red: Teguh Firmansyah

Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani saat ditemui usai dilantik sebagai anggota DPR terpilih 2019-2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani saat ditemui usai dilantik sebagai anggota DPR terpilih 2019-2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Sufmi Dasco Ahmad ditunjuk Gerindra mengisi poisis wakil ketua DPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPR RI telah menggelar rapat pengganti badan musyawarah yang dihadiri pimpinan sementara dan perwakilan fraksi partai politik DPR RI. Dalam rapat tersebut, disepakati ketua DPR RI akan dilantik malam ini juga.

"Nanti malam jam 19.00 ada rapat paripurna untuk ambil sumpah janji ketua DPR yang definitif," kata Ketua Sementara DPR RI Abdul Wahab Dalimunthe usai melakukan rapat, Selasa (1/10).

Abdul Wahab mengatakan, sejumlah partai sudah memiliki kandidat utama untuk pimpinan Parlemen. Ketua DPR RI akan diduduki oleh PDIP selaku pemenang pemilu. "Puan maharani ketuanya," kata dia.

Baca Juga

Dari Golkar, Aziz Syamsuddin akan mengisi wakil ketua DPR RI. Sementara itu, Sufmi Dasco Ahmad akan menjadi perwakilan Gerindra menduduki wakil ketua DPR RI. Lalu, Nasdem akan diwakili oleh Rahmat Gobel.

Sementara itu, PKB dan PPP masih meminta waktu beberapa jam untuk menentukan perwakilan mereka. Namun, Dalimunthe mengatakan, pada Selasa malam, seluruh fraksi harus sudah menunjuk perwakilannya.

Formasi pimpinan DPR RI akan terdiri dari lima orang dengan perolehan pemilu tertinggi. Ketua DPR RI dipastikan berasal dari PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu. Sedangkan empat partai di bawahnya akan menjadi wakil, yaitu Golkar, Gerindra, Nasdem, dan PKB. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA