Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Jangan Malas, Ini Sejumlah Manfaat Bangun Lebih Pagi

Selasa 01 Oct 2019 13:26 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Nora Azizah

Wanita cantik saat bangun tidur (Ilustrasi)

Wanita cantik saat bangun tidur (Ilustrasi)

Foto: Health
Penelitian menyebutkan bahwa banyak masalah terselesaikan bila bangun lebih pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ternyata berdasarkan penelitian, kunci bangun pagi adalah merubah pola tidur. Dengan tidur lebih awal, maka bisa bangun pagi. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan dengan bangun pagi, ada banyak hal yang bisa diselesaikan.

Jadi, terus berusaha lah sampai  bisa terbiasa bangun pagi. Sebab, sayang sekali jika kita melewatkan manfaat yang luar biasa saat kita bangun pagi seperti dilansir dari heladders.com, Selasa (1/10).


Lebih produktif
Jika Anda memiliki pekerjaan yang menumpuk dan kesulitan untuk menyelesaikannya. Bangun pagi adalah solusi yang tepat untuk menyelesaikannya. Bangun pagi membuat seseorang bisa lebih produktif, dimana masih belum ada email masuk, pesan whatsapp dan kerja yang mengganggu.

Sebuah penelitian pada tahun 2018 menemukan orang yang suka bangun pagi cederung tidak suka menunda - nunda pekerjaan daripada yang suka bergadang.


Lebih bahagia
Penelitian menunjukkan bahwa bangun pagi bisa meningkatkan rasa bahagia. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Toronto, orang yang bangun lebih awal di pagi hari umumnya lebih bahagia dan memiliki tingkat kepuasan yang tinggi dengan kehidupan merek.

Sementara, orang yang begadang dan bangun siang akan terus - terusan memiliki perasaan yang negatif dan membuatnya semakin tertekan menjalani aktivitas sehariannya. Jadi, saat kalian sering sedih, hilangkan perasaan itu dengan tidur lebih awal dan bangun di pahi hari.

Lebih kooperatif
Jika Anda tengah berjuang dengan persahabatan dan hubungan, mungkin Anda harus bangun sedikit awal agar perjuangan tersebut berhasil. Studi menunjukkan bahwa orang yang bangun awal lebih mudah bergaul daripada bangun yang bangun kesiangan Menurut penelitian oleh Christopher Randler, seorang profesor biologi di Universitas Pendidikan di Heidelberg, Jerman, orang-orang yang suka bangun pagi cenderung lebih gigih, kooperatif, menyenangkan dan teliti daripada orang yang bangun terlambat.


Memiliki lebih banyak waktu
Jika Anda khawatir kekurangan waktu dalam untuk menyelesaikan semua yang perlu dilakukan, bangun lah lebih awal. Bangun lebih awal berarti Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan urusan Anda.


Memiliki kesehatan mental yang lebih baik
Sebuah studi yang dilakukan oleh kolaborasi internasional, yang dipimpin oleh University of Exeter dan Rumah Sakit Umum Massachusetts, menemukan orang yang bangun pagi memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Studi yang didanai oleh Medical Research Council tersebut, akhirnya diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, menyatakan mereka yang merencanakan bangun lebih awal memiliki risiko lebih rendah terkena skizofrenia dan depresi. Jadi, jika Anda tengah berjuang melawan kecemasan atau serangan depresi, bangun lebih awal dapat membantu Anda.


Memiliki lebih banyak energi untuk berolahraga
Jika Anda malas berolahraga, bangunlah lebih awal dari tempat tidur . Banyak penelitian menunjukkan, ketika Anda bangun lebih awal, Anda memiliki lebih banyak energi dan tentu saja, Anda memiliki lebih banyak waktu.

Semakin banyak waktu yang Anda miliki, semakin banyak hal bisa Anda lakukan. Seperti, pergi ke gym atau mengikuti kelas yoga pagi hari sebelum Anda pergi ke kantor.


Memiliki lebih banyak waktu untuk sarapan yang sehat
Bangun lebih awal berarti Anda memiliki lebih banyak waktu untuk memasak sendiri makanan sehat untuk sarapan, daripada makan junk food atau melewatkan makan terpenting hari itu. Ketika Anda melewatkan sarapan, Anda cenderung menginginkan makanan yang lebih buruk dan membuat keputusan yang tidak sehat sepanjang hari.

Ini mungkin orang yang bangun lebih awal cenderung memiliki lebih sedikit lemak tubuh daripada yang bangun terlambat.


Tidur lebih nyenyak

Jika jadwal tidur Anda benar-benar rusak, kembalikan diri Anda ke rutinitas dengan tidur lebih awal di malam hari dan bangun lebih awal di pagi hari. Tidur yang lebih baik menghasilkan sejumlah manfaat seperti peningkatan konsentrasi dan fokus, peningkatan kebahagiaan, keterampilan pengambilan keputusan yang lebih baik, dan banyak lagi.


Menghasilkan lebih banyak uang
Sebuah survei dilakukan oleh Sleep Junkie, yang menanyakan 1.000 orang Amerika tentang kebiasaan tidur mereka, menemukan hubungan yang jelas antara tidur, uang, dan kesuksesan. Ditemukan bahwa mereka yang bangun dengan istirahat yang baik dan lebih awal cenderung menghasilkan lebih banyak uang daripada mereka yang bangun terlambat.

Secara khusus, responden yang mengatakan mereka bangun jam 5 pagi mendapatkan penghasilan rata-rata 46 ribu dolar Amrila Serikat per tahun (gaji tertinggi dari peserta survei). Mereka yang mengatakan bangun jam 7 pagi menghasilkan lebih sedikit, rata-rata 35 ribu dolar Amerikat Serikat.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA