Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Soal Sala, FIFA Perintahkan Cardiff Bayar Rp 92 M ke Nantes

Selasa 01 Oct 2019 10:24 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Karangan bunga untuk Emiliano Sala.

Karangan bunga untuk Emiliano Sala.

Foto: Aaron Chown/PA via AP
Sala meninggal dalam kecelakaan pesawat saat perjalanannya ke Inggris Januari lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, CARDIFF -- Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memerintahkan Cardiff City membayar 5,3 juta pound atau Rp 92 miliar ke Nantes terkait dengan transfer Emiliano Sala. Surat perjanjian yang dibuat kedua belah pihak menyebutkan Cardiff harus melunasi transfer Sala pada Januari 2019 lalu.

Pemain internasional Argentina tersebut pindah ke Cardiff dengan nilai transfer sebesar 15 juta euro. Namun nahas, Sala meninggal dalam kecelakaan pesawat pada perjalanannya ke Inggris 21 Januari lalu untuk mulai berlatih dengan klub Liga Inggris tersebut.

Insiden tersebut membuat Cardiff enggan membayar biaya transfer Sala karena yakin kontrak Sala belum terikat secara hukum. Nantes kemudian melaporkan sikap Cardiff tersebut ke FIFA pada Februari.

Menyusul pertemuan di Zurich, Swiss, pekan lalu, FIFA memutuskan untuk meminta Cardiff membayar Nantes sebesar 5,3 juta pound. Kedua klub juga diberi kesempatan untuk melakukan banding ke Court of Arbitration for Sports (CAS) di Lausanne.

"Komite Status Pemain FIFA memutuskan bahwa Cardiff City FC harus membayar FC Nantes total 6 juta euro (5,3 juta pound),'' ujar FIFA dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Sky Sports, Selasa (1/10).

Saksi tersebut diputuskan menyusul kesepakatan pertama terkait transfer antara kedua belah pihak pada 19 Januari. FIFA menyatakan telah memperhatikan kasus yang unik ini secara detail selama perselihan kedua klub berlangsung.

Sementara, Cardiff masih menginginkan klarifikasi lebih lanjut dari FIFA atas putusan tersebut untuk menentukan langkah selanjutnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA