Sabtu 28 Sep 2019 07:35 WIB

Toyota Hadirkan Mirai Generasi Kedua

Mirai Generasi Kedua akan diproduksi pada 2022.

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Indira Rezkisari
Toyota Mirai
Foto: EPA
Toyota Mirai

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Mirai adalah sebuah mobil mid-size hydrogen fuell cell dari Toyota. Setelah pertama kali diperkenalkan pada 2014 dalam ajang Los Angeles Autoo Show, kini Toyota telah siap untuk menghadirkan Mirai generasi kedua.

Dilansir dari Car Advice pada Sabtu (28/9), peluncuran generasi kedua itu rencananya akan dilakukan pada tahun depan. Belum diketahui secara pasti perubahan apa yang terjadi pada drivetrain mobil tersebut.

Baca Juga

Tetapi, kemungkinan, Mirai generasi kedua ini akan menggunakan  hydrogen fuell cell dengan teknologi yang menyerupai teknolgi yang dikembangkan oleh BMW. Kemungkinan ini semakin besar mengingat saat Frankurt Motor Show 2019, BMW juga memajang X5 dengan i Hydrogen Next.

Rencananya, mobil dengan  next-generation fuel-cell drivetrain itu akan mulai diproduksi pada 2022. Kerja sama antara Toyota dan BMW ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, Toyota juga melakukan kerja sama dalam pengembangan Toyota Supra yang dilakukan lewat platform sharing dengan BMW Z4.

Kini, setelah sukses menjalin kolaborasi untuk memproduksi mobil sport, kerja sama itu kembali dilanjutkan untuk produk ramah lingkungan. Untuk menindaklanjuti perkembangan hydrogen fuell cell, Toyota pun melakukan pembahasan soal teknologi ini kepada pihak pemerintah. Hal ini ditunjukan dengan pertemuan antara Chairman Toyota, Takeshi Uchiyamada dengan sejumlah menteri dari berbagai negara.

Di Indonesia, Toyota pun cukup agresif dalam melakukan sosialisasi terkait mobil ramah lingkungan. Terbukti lewat keikutsertaanya dalam Indonesia Electric Motor Show (IEMS) yang digelar di Jakarta pada awal September lalu.

Dalam pameran itu, Toyota menghadirkan pilihan teknologi elektrifikasi dengan empat jenis teknologi lewat produk Toyota C-HR Hybrid Electric Vehicle (HEV), Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), i-ROAD Battery Electric Vehicle (BEV) dan Mirai Fuel-Cell Electric Vehicle (FCEV).

Toyota telah memperkenalkan Prius sebagai model HEV perdana yang mengaspal di pasar domestik pada tahun 2009. Selain Prius, juga tersedia ragam pilihan kendaraan berteknologi hibrida di Indonesia yaitu Camry, Alphard, Altis serta C-HR yang baru saja diluncurkan pada tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement