Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Rute Baru Ramaikan Penerbangan di Bandara Sam Ratulangi

Jumat 27 Sep 2019 23:00 WIB

Red: Citra Listya Rini

Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara.

Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara.

Foto: Citra Listya Rini/Republika
Rute Manado - Davao City menambah destinasi penerbangan.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO — Penerbangan menuju Manado, Sulawesi Utara semakin ramai. Satu rute baru hadir di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi terhitung Jumat (27/9). 

Rute terbaru adalah dari Davao City, Filipina menuju Manado. Rute penerbangan ini difasilitasi oleh maskapai penerbangan Filipina, Philippines Airlines dan Garuda Indonesia. 

Penerbangan perdana Manado-Davao City penuh penumpang, menyusul minat masyarakat Sulawesi Utara berkunjung ke negara tersebut cukup tinggi.

"Kami selaku maskapai nasional Garuda Indonesia pada hari ini, resmi melayani rute penerbangan Manado–Davao pp," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara di Manado.

Ari mengatakan, layanan penerbangan Manado–Davao City pp merupakan bagian dari upaya Garuda Indonesia City menghadirkan konektivitas tanpa batas (seamless connectivity) kepada para pengguna jasa menuju Filipina maupun Indonesia melalui layanan penerbangan regular flight pertama yang menghubungkan Manado dengan Davao City. 

Ari menjelaskan, pengoperasian rute ini juga diharapkan dapat menunjang pengembangan kerja sama ekonomi, investasi, perdagangan maupun kegiatan pariwisata diwilayah regional antara Davao sebagai salah satu pusat bisnis di selatan Filipina dengan berbagai wilayah di Sulawesi Utara.

Penerbangan Manado - Davao City pp akan dioperasikan dengan armada ATR 72-600 berkapasitas 70 penumpang (all economy class) sebanyak 2 kali per minggu, yakni pada hari Senin dan Jumat.

Penerbangan Manado – Davao City akan beroperasi dengan nomor penerbangan GA 7401 yang berangkat dari Bandara Internasional Sam Ratulangi pada pukul 10.30 WITA. Sedangkan penerbangan Davao City - Manado akan beroperasi dengan nomor penerbangan GA 7402 yang berangkat dari Bandara Internasional Francisco Bangoy pada pukul 13.15 (local time).

General Manager Air Navigation (AirNav) Indonesia cabang Bandara Internasional Sam Ratulangi Danan Suseno menambahkan, rute Davao City - Manado resmi dibuka. Rute ini menambah rute internasional semakin ramai di Bandara Internasional Sam Ratulangi. 

“Ada yang menarik di Manado kalau saya monitor ada tujuh penerbangan internasional yang eksis. Rute terbaru Davao City - Manado pp,” kata Danan. 

Selain Garuda Indonesia, penerbangan internasional juga dilakoni maskapai Lion Air dengan rute Manado ke Cina, Sriwijaya Air dengan tujuan Manado ke Cina, serta Silkair dengan rute Manado- Singapura. Sementara itu, secara umum total operasional penerbangan di Bandara Internasional Sam Ratulangi rata-rata 60 penerbangan setiap hari.

Danan menambahkan, jika dibandingkan dengan tahun lalu jumlah penerbangan itu turun sekira 20 persen. Ia menyebutkan, mungkin kalau dibandingkan tahun lalu yang sebelum  ada krisis penerbangan salah satunya harga tiket naik. Awalnya, ada 80 penerbangan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA