Kamis 26 Sep 2019 14:33 WIB

Volvo Rilis Mobil Listrik Oktober Mendatang

Volvo XC40 menjadi kendaraan listrik pertama bagi Volvo.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah
Volvo XC40 EV
Foto: Pinterest
Volvo XC40 EV

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan depan, Volvo akan merilis kendaraan listriknya. Hal tersebut dilakukan pihaknya setelah sebelumnya, Volvo menjanjikan kendaraan bertenaga listrik besutannya akan hadir pada 2019.

Dilansir dari Cnet pada Kamis (26/9) Volvo yang memperkenalkan mobil listrik pertamanya itu, menandai bab baru dalam produksinya. Produsen mobil mewah asal Swedia itu dalam pengumumannya pada Rabu (25/9) menuturkan, Volvo XC40 akan berfungsi sebagai dasar kendaraan listrik pertama dan merinci pada beberapa detail struktural EV yang akan datang.

Baca Juga

Meskipun, hingga kini pihak Volvo belum bersedia menunjukan seperti apa SUV kompak tersebut. Lebih lanjut, perusahaan yang didirikan pada 1927 itu menegaskan bahwa kendaraannya akan selalu fokus pada keselamatan, oleh sebab itu, XC40 listrik tidak akan berbeda dari kendaraan Volvo lainnya.

Volvo juga mengatakan bahwa kendaraan tersebut, telah dirancang ulang dan juga memperkuat seluruh struktur depan untuk mengimbangi bobotnya. Selain itu, menurut Volvo dalam pengumumannya, tidak akan ada mesin juga.

Sedangkan untuk baterai akan diisi di lantai XC40 EV, yang kemudian menggambarkan dua motor listrik. Baterainya itu akan berfungsi sebagai pengaman juga, yang tertanam di tengah struktur mobilnya.

Hal tersebut juga diketahui memiliki fungsi untuk melindungi jika terjadi kecelakaan. Pindah ke belakang, powertrain listrik akan terintegrasi dengan struktur body untuk mendistribusikan kekuatan yang lebih baik dalam kecelakaan.

XC40 EV diketahui juga akan memperkenalkan arsitektur keamanan baru yang menggunakan radar, kamera, dan sensor ultrasonik.  Perangkat lunak untuk menjalankan seluruh armada keselamatan aktif tersebut berasal dari Zenuity, sebuah perusahaan patungan yang dioperasikan oleh Volvo dan Veoneer.

Pembuat mobil Swedia itu menjanjikan skalabel secara alami, dan akan meletakkan dasar untuk teknologi mobil self-driving ke depannya. Untuk detil yang lebih lengkap pada mobil XC40 listrik akan diketahui beberapa pekan mendatang. Tentunya sebelum rilis pada 16 Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement