Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Karikatur Raksasa Muhammad Bin Salman: Indah dengan Khat

Selasa 24 Sep 2019 06:00 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Karikatur Muhammad bin Salman

Karikatur Muhammad bin Salman

Foto: Alarabiya
Karikatur ini terdiri dari nama kota dan desa Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH— Sebuah karikatur raksasa yang membentuk wajah Putra Mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman, berhasil digambar seorang seniman Saudi, Shalih al-Aqqari. Mahakarya tersebut berupa karikatur raksasa yang terdiri dari nama-nama kota dan desa di Arab Saudi yang ditulis menggunakan khat-khat indah.

Ukuran karikatur tersebut yaitu 20x30 meter di atas kain putih yang dibentangkan di taman ar-Rausan, Riyadh, Arab Saudi. Lukisan ini pun akan didaftarkan ke Guinness World Records. Proses pembuatan karya ini memakan waktu dua tahun dan dikerjakan hampir tiap hari.

Baca Juga

Kepada Alarabiya, Shalih menjelaskan keahliannya membuat karikatur tersebut mulai dia publikasikan sejak 1997 lalu. Dirinya banyak menggambar karikatur di media-media Arab Saudi.

“Di satu sisi saya selalu ingin menggambar karikatur ke dunia nyata, sementara aku juga menguasai khat Arab, dan pernah terlibat di sejumlah pameran,” kata dia. 

Shalih mengatakan, dia menggambar karikatur sejak usia anak-anak saat masih duduk di bangku sekolah. Dia masih teringat objek yang pertama kali dia gambar adalah wajah gurunya di sekolah. Keahlian tersebut terus dia asah melalui pelatihan-pelatihan di bidang karikatur dan khat Arab. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA