Senin 16 Sep 2019 15:09 WIB

Mahasiswa UMP Raih Juara III Lomba Karya Tulis Nasional

Karya tulis ilmiah fokus pada pada pengembangan nano teknologi di bidang Kesehatan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Foto: UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Karya tulis kelompok mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)  meraih predikat juara III dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional yang diselenggarakan di Universitas Pancasila, Jakarta. Tim yang terlibat dalam penulisan karya ilmiah ini, terdiri dari Anisah, Nurvidian Khasanah, dan Naufal Irfan Fadila.

''Tema yang diangkat dalam lomba karya tulis tersebut fokus pada pengembangan nano teknologi di bidang Kesehatan,'' ujar ketua kelompok, Annisah, Sabtu (14/8).

Baca Juga

Berdasarkan tema tersebut, kelompok mahasiswa tersebut membuat karya tulis berdasarkan hasil penelitian yang berjual Anticoma (Antidiabetic Nano Transdermal) Nano Transdermal Patch dari Sulfonilurea dalam undur-undur darat sebagai inovasi pengobatan alternatif diabetes melitus tipe 2.

Dia mengungkapkan, peserta mahasiswa yang mengikuti lomba tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia. ''Dari sekian banyak peserta yang terdaftar, hanya diambil 10 tim yang dinilai lolos. Alhamdulillah, karya ilmiah tim dari UMP masuk 10 besar, bahkan kemudian meraih predikat Juara III,'' katanya.

Dia menyebutkan, penghargaan dan prestasi tersebut tidak bisa dilepaskan dari bimbingan dosen pembimbing dari Fakultas Farmasi UMP Nunuk Aries Nurlita. ''Untuk membuat penelitian dan karya tulis ini, kita beberapa kali melakukan konsul dengan Bu Nunuk. Kami juga harus banyak melakukan studi literatur,'' ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement