Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Bebas Ambil Cuti dan Jam Kerja Fleksibel, Perusahaan Ini Jadi Dambaan!

Sabtu 14 Sep 2019 09:54 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Bebas Ambil Cuti dan Jam Kerja Fleksibel, Perusahaan Ini Jadi Dambaan!. (FOTO: Unsplash/Venveo)

Bebas Ambil Cuti dan Jam Kerja Fleksibel, Perusahaan Ini Jadi Dambaan!. (FOTO: Unsplash/Venveo)

Generasi milenial saat ini memperhitungkan ‘kebebasan’ saat hendak melamar pekerjaan

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Generasi milenial saat ini memperhitungkan ‘kebebasan’ saat hendak melamar pekerjaan. Mereka adalah generasi yang fleksibel dan tak senang diatur. Untuk itu, mereka begitu mendambakan bekerja di perusahaan seperti startup yang membebaskan bekerja di mana saja.

Dr. Amantha Imber, menjawab dambaan para milenial. Pengusaha asal Australia itu mendirikan perusahaan konsultasi inovasi yang bernama Inventium.

Perusahaan tersebut memiliki aturan yang bebas, dalam artian tidak ada batasan bagi karyawannya untuk mengambil cuti. Selain itu, jam kerja di sana juga fleksibel. Tak perlu datang ke kantor, pekerja bisa menentukan jam dan lokasi di mana saja sesukanya.

Baca Juga: Anak Magang Digaji Ratusan Juta Rupiah? Ya Cuma di 8 Perusahaan Ini...

Aturan ini berlaku di perusahaan yang pernah bekerja sama dengan Disney, Virgin, dan Lego itu sejak tiga tahun lalu. Amartha menjadikan chronotype (pola waktu tidur alami setiap orang) sebagai acuan mendirikan aturan tersebut.

Menurut Amartha, dengan aturan seperti itu, para pekerja bisa memilih waktu-waktu di mana mereka paling energik dan fokus untuk hasil pekerjaan yang lebih baik.

"Walaupun kami punya 10 pekerja yang berbasis di kantor utama Inventium di Melbourne, biasanya hanya ada tiga atau empat orang yang di sana setiap hari. Staff sangat didukung untuk bekerja dari mana saja, yang mana untuk sebagian orang bekerja dari rumah di mana mereka bisa bekerja tanpa diganggu," ungkapnya.

Baca Juga: Super Cozy! Intip 4 Kantor Startup di Indonesia yang Bikin Enggak Mau Pulang!

Dalam tiga tahun, rata-rata pekerja mengambil cuti adalah lima setengah minggu setahun. Namun, kebanyakan mereka hanya pernah izin sakit 2,5 hari sedangkan biasanya pekerja bisa sakit delapan atau sembilan hari setahun.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA