Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Pilates Aman Sampai Usia Tua

Sabtu 14 Sep 2019 04:24 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Pilates merupakan latihan fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh.

Ceknricek.com -- Meski gerakannya nyaris serupa, yoga dan pilates adalah dua hal yang berbeda. Pilates adalah versi yang lebih modern dari yoga.

Pilates pertama kali dikembangkan pada sekitar abad 20-an oleh seorang atlet veteran asal Jerman, Joseph Pilates, sebagai bentuk latihan fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh. Prinsip pilates adalah menyatukan pemahaman antara jiwa dan raga agar keduanya bisa saling bekerja sama membantu kita dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mencapai harmonisasi antara tubuh dan pikiran ini, pilates melibatkan teknik pernapasan yang teratur, latihan keseimbangan dan postur tubuh, pemusatan konsentrasi, hingga latihan mengontrol gerakan dan kekuatan otot.

Setiap gerakannya dirancang mengalir dan fokus pada penggunaan otot yang baik dan akurat untuk memastikan tubuh terus bergerak guna meningkatkan koordinasi gerakan, pola pernapasan, dan kesadaran tubuh.

Dini Suryani, expert pilates sekaligus founder Pilates Soul, menyebut stigma bahwa pilates merupakan olahraga bagi kalangan perempuan adalah salah. “Olahraga pilates itu merupakan olahraga yang bersifat unisex dan cocok bagi kalangan muda hingga tua,'' kata Dini dalam sebuah acara di Jakarta Selatan, belum lama ini. ''Pilates juga olahraga yang sangat aman dilakukan sampai usia kita tua.''

Ia menjelaskan, selama ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa pilates masih identik dengan olahraga yang dilakukan untuk pemulihan dari cedera. Faktanya, pilates dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap bugar, sehat, dan tentunya meminimalisir cedera yang terjadi pada tubuh. 

Pilates soul is a place where you can get inspired to move and motivate everybody to move better. Dengan adanya pilates soul ini, saya dan teman-teman founder lainnya ingin memotivasi orang untuk lebih aktif bergerak dalam aktivitas keseharian mereka,” ucapnya. 

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, BeritaTerkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA