Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Sempat Berbobot 120 Kg, Kemal Pernah Sesak Napas Saat Tidur

Senin 09 Sep 2019 07:43 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Reiny Dwinanda

Kemal Mochtar (kanan)

Kemal Mochtar (kanan)

Kemal Mochtar mengaku berdiet karena takut sesak napas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bobot presenter Kemal Mochtar sempat menyentuh angka 120 kg. Dia bertekad menjalani diet setelah mengalami sesak napas saat tidur.

Kejadian itu bukan cuma sekali menimpanya. Ia mengaku pernah dua kali mengalami sesak napas sampai lehernya terasa tercekik.

“Suatu hari gue tidur malam, gue kebangun jam 3 malam kayak keselek enggak bisa napas. Terus gue minum, tapi enggak masuk, semuanya gue muntahin,” kata dia dalam acara Zurich Health Festival di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta Pusat, Ahad (8/9).

Tak ingin kejadian tersebut terulang, Kemal melakukan memeriksakan diri ke dokter jantung. Kemal yang juga penyiar radio merasa lega hasil pemeriksaannya normal, jantungnya dinyatakan tak bermasalah. Namun, dokter mengingatkan bahwa ia mengalami obesitas sehingga bisa sesak napas.

Selanjutnya, Kemal pun melakukan konsultasi dengan dokter gizi dan diarahkan menuju diet yang membatunya menurunkan puluhan kilogram berat badannya seperti sekarang ini. Ia juga mengingatkan, sangat penting bagi yang akan menjali diet untuk berkonsultasi dengan dokter ahli gizi.

“Menurut gue sangat penting konsultasi dengan dokter gizi atau personal trainer di gym yang tahu tentang pola makan kerena setiap orang tubuhnya beda-beda. Kalau asal diet takut malah membahayakan diri sendiri,” ujarnya.

Kemal mengaku, selama setahun belakang ini ia melakukan diet yang cukup ketat dibawah pangawasan dokter gizinya. Kemal berhasil menurunkan berat badan dari 120 kg menjadi 69 kg.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA