Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Emil-Uu Targetkan Seluruh Desa di Jabar Jadi Desa Mandiri

Ahad 08 Sep 2019 01:01 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul ulum menjadikan pembangunan desa sebagai fokus utama.

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM—Satu tahun memimpin Jawa Barat, Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul ulum menjadikan pembangunan desa sebagai salah satu fokus utama.

Emil mengklaim, saat ini ratusan desa "berkembang" di Jabar statusnya telah meningkat selama satu tahun belakangan.

AYO BACA : 4 Kontroversi Ridwan Kamil Selama Jadi Gubernur

"Di tahun pertama kita bahagia, desa banyak megalami perubahan. Ada 500-an desa berubah statusnya dalam satu tahun. Rekor. Dari desa berkembang menjadi desa maju," ungkapnya ketika ditemui selepas gelaran Informasi Kang Emil: Satu Tahun Jabar Juara di Gedung Sate Bandung, Jumat (6/9/2019).

Dia mengatakan, perubahan tersebut tercipta karena berbagai program pembangunan desa yang meliputi pariwisata, keagamaan, hingga ekonomi. Misalnya, program One Village One Company (OVOC), Desa Digital, dan sebagainya.

AYO BACA : Ridwan Kamil Sebut Pembangunan Dirasakan di Tahun Ketiga

"Kita banyak mendorong desa-desa dengan (program) Satu Desa Satu Perusahaan, program desa wisata, desa digital, dan lain-lain. Ini menandakan kami tahu bahwa salah satu permasalahan Jabar adalah ketimpangan anatara desa dan kota," jelasnya

Emil menilai, pembangunan desa menjadi hal penting karena akses informasi dan teknologinya terbatas.

"Karena Indonesia bukan hanya kota, dan orang desa punya lebih banyak kurangnya dalam hal mengakses ke luar. Maka tugas kita yang punya kekuasaan dan ilmu adalah membantu mereka yang punya keterbatasan dalam akses informasi maupun anggaran dan lain-lain," tuturnya.

Dirinya menargetkan, di akhir masa jabatannya, seluruh desa di Jabar statusnya meningkat menjadi desa mandiri.

"Desa yang kita bantu mudah-mudahan sampai akhir masa jabatan, statusnya naik sampai semuanya masuk kategori desa mandiri," pungkasnya. 

AYO BACA : Pemerintahannya Dinilai Banyak Polemik, Ridwan Kamil: Harus Fair

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA