Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Pernah Makan Buah Miracle Fruit, Buah Seribu Manis?

Kamis 05 Sep 2019 09:15 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Sumber: Urbantropicals.com

Sumber: Urbantropicals.com

Miracle fruit mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian masyarakat kita.

Ceknricek.com -- Miracle fruit mungkin masih terdengar asing di telinga. Sebagian masyarakat kita menyebutnya Buah Seribu Manis. Dalam bahasa Inggris, ia dinamai sebagai Miracle Berry. Dalam bahasa ilmiahnya, tanaman asli dari Afrika Barat ini ia dipanggil Synsepalum Dulcucum.

Buahnya berwarna merah. Setiap buah mengandungi 1 biji di dalamnya. Rupa dan ukurannya mirip buah muyu alias jamblang. Apabila isinya dikunyah, makanan lain yang tadinya masam atau asin akan menjadi manis.

Manisnya juga kaya nuansa-nuansa; seperti limau/jeruk, manis seperti madu, enak yang sukar untuk dinyatakan. Kesannya berlarutan sehingga 1-2 jam. Rasa buah ini memang menakjubkan sehingga orang-orang Barat menyebutnya miracle fruit alias buah ajaib.

Manfaat Buah Ajaib
Sumber: Urbantropicals.com
Miracle fruit ditemukan oleh seorang yang berbangsa Perancis bernama Reynaud Des Marchais. Keajaiban buah ini ramai mendapat perhatian saintis dunia. Dr. WF Daniell, misalnya, telah menerbitkan sebuah artikel bertajuk "Miraculous Berry" pada Pharmaceutical Journal.

Kandungan alami dalam miracle fruit dapat memberikan beberapa manfaat. Berikut 5 manfaat miracle fruit seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Baik untuk penderita diabetes
Miracle fruit memiliki rasa manis alami dengan sedikit rasa pahit. Penderita diabetes bisa mengkonsumsi buah ini, karena gula yang dikandungnya tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah setinggi gula lainnya. Penderita diabetes masih bisa merasakan manisnya makanan, tanpa perlu terlalu khawatir tentang penyakitnya.

Membantu menurunkan berat badan
Buah ajaib dengan ukuran kecil ini hanya mengandung satu kalori dan 0% lemak. Komposisi ini sangat dianjurkan bagi yang sedang menjalani program diet, terutama diet kalori. Jumlah kalori yang terkandung dalam buah ajaib ini juga relatif lebih sedikit dibandingkan jenis buah lain yang ada di pasaran.

Menyumbangkan nutrisi bagi tubuh
Miracle fruit dapat digunakan sebagai campuran makanan atau minuman. Contoh penggunaannya adalah untuk campuran dalam salad atau bahkan dikombinasikan dengan teh lemon. Cara ini bisa membantu menyuplai berbagai nutrisi ke dalam tubuh.

Campuran obat pahit
Banyak orang yang kesulitan minum pil atau obat tablet karena rasanya sangat pahit. Coba gunakan miracle fruit untuk membantu menetralkan rasa obat. Dengan begitu, anak yang sulit minum obat akan lebih mudah untuk menelannya. Buah ajaib tidak akan memengaruhi komposisi obat. Bahkan dengan kandungan alaminya buah miracle fruit akan membantu kerja obat dalam tubuh.

Alternatif pengobatan kanker
Seseorang yang menderita kanker dan telah menjalani proses radiasi akan merasakan efek samping berupa lidah yang sulit merasakan kenikmatan makanan. Jika mengenal seseorang dalam kondisi ini, maka sajikan buah ajaib yang dapat mengurangi efek samping ini sehingga bisa membantu pulih lebih cepat.

BACA JUGA: Cek FOOD REVIEW, Food Review Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA