Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Taburan Bintang di The Laundromart Garapan Soderbergh

Senin 02 Sep 2019 05:44 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Indira Rezkisari

Penulis Jake Bernstein, dari kanan, di sampingnya sutradara Steven Soderbergh, aktor Meryl Streep dan Gary Oldman di karper merah Festival Film Venesia untuk pemutaran perdana The Laundromat, Ahad (1/9).

Penulis Jake Bernstein, dari kanan, di sampingnya sutradara Steven Soderbergh, aktor Meryl Streep dan Gary Oldman di karper merah Festival Film Venesia untuk pemutaran perdana The Laundromat, Ahad (1/9).

Foto: AP
The Laundromat mengisahkan sosok-sosok di balik kasus Panama Papers.

REPUBLIKA.CO.ID, VENESIA – Kasus Panama Papers yang sempat bocor pada April 2016 silam, menyebabkan jutaan dokumen dari sebuah firma hukum bernama Panama Mossack Fonseca tersebar. Meski sempat membuat gaduh masih banyak yang tidak familiar dengan kasus Panama Papers.

Terlebih ketika skandal global itu mengungkapkan bagaimana orang kaya yang berkuasa menggunakan korporasi lepas pantai untuk menghindari pajaknya. Cerita tersebut akhirnya dikemas menjadi film berjudul The Laundromart.

Pemenang Oscar untuk sutradara terbaik, Steven Soderbergh, mengatakan bahwa ia mendapatkan inspirasi untuk membuat film tersebut dari Dr. Strangelove. Menurut dia, meski secara subyeknya sangat rumit, namun akan menjadi sangat mengesankan.

“Kami memutuskan bahwa komedi gelap memiliki peluang terbaik untuk tetap berada di benak pemirsa, Dan kami juga memberi kesempatan untuk menampilkan kompleksitas kegiatan keuangan semacam ini hampir sebagai lelucon, intinya sebagai persiapan untuk lucunya,” ujar Soderbergh seperti dilansir Reuters, Senin (2/9).

Film mengandalkan para pemain terkenal seperti, pemenang Oscar untuk aktris terbaik Meryl Streep, Gary Oldman, Antonio Banderas dan Sharon Stone. Film dari Netflix, yang ditayangkan perdana di Festival Film Venesia kemarin berupaya menjelaskan kasus tersebut melalui pendekatan dari kisah pribadi para tokoh.

“Ini adalah waktu yang sangat menyusahkan tetapi berbicara tentang itu, ini adalah permulaan, orang-orang telah membicarakannya cukup lama,” kata dia.

Ceritanya karakter yang diperankan Meryl Streep melakukan penyelidikan yang membingungkan dan ambigu terkait transaksi keuangan. Drama tersebut didasarkan pada kebocoran data keuangan besar-besaran di luar negeri yang kemudian dikenal sebagai Panama Papers.

Berbicara langsung, Oldman dan Banderas yang memerankan pengacara Jurgen Mossack dan Ramon Fonseca mencoba memberikan sisi cerita mereka. Film tersebut dirasa mirip dengan alur The Big Short tentang krisis keuangan 2007.

Di mana keduanya secara unik menjelaskan permukaan yang ada dunia perusahaan kepada penonton. Dalam prosesnya kasus tersebut juga dibawa ke perjalanan transaksi gelap serta korupsi di China, Amerika Serikat, Meksiko, dan Karibia.

The Laundromat adalah salah satu dari dua film Netflix yang bersaing untuk mendapatkan hadiah Golden Lion di Festival Film Venesia. Film yang dimenangkan oleh raksasa streaming tahun lalu adalah film Roma.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA