Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Telepon dan SMS XL Axiata di Papua Sempat Gangguan, Ini Penyebabnya!

Ahad 01 Sep 2019 10:25 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Telepon dan SMS XL Axiata di Papua Sempat Gangguan, Ini Penyebabnya!. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)

Telepon dan SMS XL Axiata di Papua Sempat Gangguan, Ini Penyebabnya!. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)

Layanan telepon dan pesan singkat XL Axiata di Jayapura sempat alami gangguan

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta-- Bukan hanya Telkomsel, layanan telepon dan pesan singkat XL Axiata di Jayapura juga sempat mengalami gangguan. Namun, penyebabnya ternyata berbeda.

Group Head Corporate Communication, XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengungkapkan putusnya aliran listrik PLN di area Jayapura mepengaruhi operasional sejumlah base transceiver station (BTS) di wilayah itu. Sementara, BTS di area yang tak terkena pemadaman listrik di Papua tetap berjalan normal.

"Dapat kami pastikan, kami tidak mematikan jaringan SMS atau telepon. Terganggunya SMS dan telepon itu karena sejumlah BTS mengalami pemadaman listrik," kata Ayu, sapaannya, dalam keterangan resmi yang Warta Ekonomi terima di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Baca Juga: Jaringan Lumpuh, GraPARI Telkomsel Tak Beroperasi Sementara di Papua

Namun, saat ini, layanan XL Axiata di Jayapura telah kembali normal karena listrik pun sudah beroperasi lagi, menurut Ayu. Ia bilang, "seluruh layanan XL Axiata di Jayapura juga telah kembali normal dan dapat digunakan oleh pelanggan untuk berkomunikasi kembali."

Begitu pula dengan Telkomsel yang 70% layanannya telah kembali beroperasi di wilayah Jayapura. Layanan telepon dan pesan singkat di Sentani dan Abepura juga diklaim sudah berjalan normal, berdasarkan keterangan resmi dari Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo.

"Demikian juga dengan layanan Telkom yang sudah beroperasi 80% di Jayapura," katanya lagi.

Akan tetapi, masih ada infrastruktur di beberapa titik yang saat ini masih diperbaiki. Salah satunya, kantor pelayanan pelanggan Telkom Group di Jayapura yang tak bisa beroperasi sampai sekarang.

Arif menyampaikan, "untuk gedung pelayanan pelanggan dan kantor yang terkena dampak kerusuhan, perbaikan akan dilakukan setelah kondisi setempat kondusif," pungkas Arif. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA