Tuesday, 7 Syawwal 1445 / 16 April 2024

Tuesday, 7 Syawwal 1445 / 16 April 2024

Bea Cukai Dorong Ekspor Ikan Kerapu dari Tual ke Hong Kong

Jumat 30 Aug 2019 13:17 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

 Kakanwil Bea Cukai Maluku, Finari Manan, menghadiri acara pelepasan ekspor perdana ikan kerapu oleh PT Indo Marine Fish dengan tujuan Hongkong.

Kakanwil Bea Cukai Maluku, Finari Manan, menghadiri acara pelepasan ekspor perdana ikan kerapu oleh PT Indo Marine Fish dengan tujuan Hongkong.

Foto: bea cukai
Ekspor produk perikanan dari wilayah Maluku naik signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Kakanwil Bea Cukai Maluku, Finari Manan, menghadiri acara pelepasan ekspor perdana ikan kerapu oleh PT Indo Marine Fish dengan tujuan Hong Kong. Total berat ikan kerapu yang dieskpor sebanyak 263,5 kg, dengan nilai devisa 6.797 dolar AS untuk memenuhi permintaan pasar di Hong Kong.

Menurut Finari Manan, kegiatan ekspor perdana tersebut adalah hasil dari sinergi antara Bea Cukai dengan instansi Karantina, pemerintah daerah, dan instansi terkait lainnya yang tergabung dalam Tim Peningkatan Ekspor Provinsi Maluku. Sinergi ini bersama-sama untuk terus mendorong peningkatan ekspor langsung dari wilayah Maluku.

Baca Juga

“Bea Cukai sesuai dengan fungsinya sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assitance mendorong tumbuhnya ekspotir-eksportir baru, seperti PT Indo Marine Fish, yang melakukan ekspor langsung dari Tual ke Hongkong, dan tercatat dalam dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dari KPPBC Tual. Bea Cukai juga memberikan kemudahan dalam prosedur layanan ekspor guna peningkatan devisa negara dan pendapatan asli daerah (PAD) Maluku," ujarnya.

Ekspor di sektor perikanan sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 semakin mengalami peningkatan yang signifikan. Dari tahun ke tahun nilai ekspor bidang ini terus meningkat. Sebelum tahun 2017, produk unggulan Maluku diekspor dari luar daerah Maluku, seperti Surabaya, Makasar, dan Jakarta sehingga hasilnya tidak dirasakan masyarakat daerah.

Pada tahun 2019 ini, Bea Cukai Maluku dan satuan kerja di bawahnya memasukkan peningkatan ekspor langsung dari wilayah Maluku sebagai program kinerja kantor. "Oleh karena itu kami akan terus berinisiasi, bekerja sama, bersinergi dengan instansi terkait dan pemerintah daerah mendorong investasi dan memberikan kemudahan fasilitas prosedur kepada para pengusaha sehingga ekspor langsung dari wilayah Maluku semakin meningkat," ucap Finari.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler