Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Uu: Kesuksesan Seseorang Dilihat dari Moral dan Akhlak

Selasa 27 Aug 2019 16:26 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Karta Raharja Ucu

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat diwawancara wartawan di Kota Tasikmalaya, Sabtu (2/8).

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat diwawancara wartawan di Kota Tasikmalaya, Sabtu (2/8).

Foto: Republika/Bayu Adji P
Kesuksesan seseorang tak hanya dilihat dari kepintaran, tapi moral dan akhlak

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menuturkan manusia unggul di Jawa Barat harus memiliki integritas dan moral yang baik. Pasalnya, kesuksesan seseorang saat ini tidak bisa hanya dilihat dari materi, tapi juga moralitasnya.

Ia mengatakan kesuksesan seseorang tidak hanya dilihat dari kepintaran saja, tetapi moral dan akhlak yang menjadi pokok. Untuk itu, Uu meminta generasi muda saat ini memiliki integritas moral, keahlian, dan disiplin yang tinggi. Terlebih di era digital yang menuntut kita untuk memiliki beragam keahlian agar bisa beradaptasi degan kemajuan zaman dan daya saing global.

"Siapkan mental untuk mahasiswa hari ini. Permasalahan yang melingkupi mahasiswa hari ini adalah lingkungan, dekadensi moral, dan akhlak," kata Uu saat memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa baru pada Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Uu, memaparkan kuliah umum dengan tema 'Pembangunan Manusia Unggul Jawa Barat', Uu juga meminta mahasiswa untuk menyiapkan mental dalam menghadapi perkuliahan dan dunia kampus. Menurut Uu, ada tiga ruang lingkup permasalahan pada generasi muda saat ini.

Indonesia, kata Uu, pada 2045 diprediksi menjadi negara maju dan adi daya. Meski begitu, Uu menambahkan, semua itu baru bisa terwujud apabila Indonesia memilki tiga syarat. Pertama, Indonesia harus aman dan damai, apalagi dalam proses pergantian kepemimpinan atau demokrasi.

"Kemudian, ekonomi maju. Apabila peningaktan ekonomi berada di angka lima persen. Maka syarat ketiga, yaitu pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing bisa terwujud," kata Uu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA