Selasa 27 Aug 2019 14:43 WIB

Mengenal 'Si Mini' Morris (1)

Selamat Ulang Tahun, Morris!

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Morris Minor
Foto: Flickr
Morris Minor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setidaknya 60 tahun yang lalu, anggota pers berkumpul untuk melihat peluncuran Morris Minor dan Austin Seven. Kendaraan itu memiliki kesan yang ringkas karena berbentuk kotak dan jauh dari kesan elegan, seperti para pesaingnya yang memiliki ukuran lebih besar, pada 26 Agustus 1959 lalu.

Dilansir di Daily Telegraph, Senin lalu, Mini Morris memiliki mesin yang berjalan menyamping. Pembuatan mesin yang demikian ditujukan untuk memungkinkan lebih banyak ruang dalam apa yang seharusnya menjadi interior sempit.

Baca Juga

Banyak ulasan telah terbit mengenai mobil mini itu. Rata-rata pengulas menyebut mobil kecil itu memiliki beberapa zip, mudah dikendarai, mencapai kecepatan lebih dari 110 km/jam dan bekerja sangat baik dalam penghematan bahan bakar.

Morris Mini Minor yang kemudian disebut Mini Minor, dan Austin Seven yang kemudian berganti nama menjadi Austin Mini, kemudian menjadi penjual besar dan mobil klasik. Keduanya memenangkan aksi unjuk rasa dan bahkan ditampilkan dalam film Inggris yang terkenal.

Kendaraan itu juga menjadi semacam simbol swinging Sixties Inggris. Varian mobil akan diproduksi hingga tahun 2000 ketika perusahaan yang membuatnya dijual ke BMW.

Sementara Mini generasi baru, memiliki ukuran yang lebih besar dari aslinya. Kendaraan itu juga telah diproduksi sejak itu. Akan tetapi penggemar mobil klasik masih lebih menyukai kendaraan jenis yang asli.

 

photo
Austin Seven

Sebenarnya, Mini Minor lahir karena kebutuhan ekonomi. Pada tahun-tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II, ledakan ekonomi global membuat mobil menjadi lebih besar dan lebih mencolok di AS.

Namun demikian, penjatahan bahan bakar terus berlanjut selama bertahun-tahun setelah perang. Hingga pada 1950 orang-orang Inggris mulai menikmati mengendarai “pemandu gas" gaya Amerika yang lebih besar.

Tetapi kepercayaan itu berakhir pada 1956 dengan Krisis Suez. Nasionalisasi Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser tentang Kanal Suez dan krisis politik global yang terjadi kemudian mengakibatkan gangguan pada pasokan minyak.

Selama lima bulan, rejimen kebencian dari penjatahan bensin kembali membuat banyak orang tidak mampu mengisi tangki mobil besar mereka.

Hal ini kemudian berimbas kepada penjualan mobil besar yang mulai turun. Namun, pemenang besar adalah mobil Eropa yang lebih kecil, termasuk mobil mikro yang dirancang oleh pembuat pesawat Jerman Willy Messerschmitt.

Sementara, pabrikan mobil Inggris, British Motor Corporation (BMC), yaitu penggabungan Morris dan Austin, memutuskan mereka perlu menugaskan mobil mikro mereka sendiri untuk tetap kompetitif di dunia yang kekurangan bahan bakar ini.

Tugas menciptakan mobil itu diberikan kepada desainer Alec Issigonis. Dilahirkan pada tahun 1906 di daerah kantong Yunani di kota Smirna Ottoman (sekarang Izmit di Turki), orang tuanya adalah warga negara Inggris dan keluarganya dievakuasi ke Malta pada tahun 1922 dalam kekacauan politik yang terjadi setelah jatuhnya Kekaisaran Ottoman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement