Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Anies Apresiasi Masyarakat Papua Jakarta Jaga Kondusifitas

Sabtu 24 Aug 2019 03:35 WIB

Red: Nora Azizah

Puluhan orang dari koalisi masyarakat sipil sedang melakukan aksi di depan kantor Kominfo, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (23/8). Mereka menuntut agar pemerintah segera menghentikan pemblokiran internet di Papua dan Papua Barat.

Puluhan orang dari koalisi masyarakat sipil sedang melakukan aksi di depan kantor Kominfo, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (23/8). Mereka menuntut agar pemerintah segera menghentikan pemblokiran internet di Papua dan Papua Barat.

Foto: Republika/Febryan.A
Masyarakat Jakarta diharapkan tetap menjaga persatuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan apresiasi secara khusus pada masyarakat Papua yang berada di Jakarta karena kontribusinya pada pembangunan dan kemajuan kota di Jakarta lewat penjagaan situasi dan kondusifitas.

"Selama bertahun-tahun di Jakarta, kita dengar dan kita ingat, bertahun-tahun ini semuanya berjalan lancar. Tidak ada kasus dan lain-lainnya di tempat ini (Jakarta)," kata Anies di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, Anies berharap suasana Jakarta yang selama ini menjadi tempat yang setara dan kesempatan yang sama bagi semuanya, untuk selalu dijaga bersama.

"Karena kita menyadari kalau ada kesempatan yang setara bagi semuanya, maka perasaan keadilan akan hadir. Kalau ada perasaan keadilan maka persatuan akan muncul. Dan kita berharap di Jakarta kita jaga terus suasana itu," ucap Anies.

Di sisi lain, Anies menjelaskan pihaknya juga memberikan apresiasi khusus pada masyarakat lokal Jakarta yakni Betawi yang sudah bisa menjadi tuan rumah bagi seluruh masyarakat dari penjuru Indonesia.

"Jakarta tergolong tertib dan aman, kalau ditanya di level masyarakat, baik-baik saja, akur-akur terus, bertetangga, bersaudara. Saya berharap suasana ini kita pertahankan dan kita tularkan ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia ini. Sehingga ketika kita bicara persatuan, yaitu bukan dalam imajinasi, tetapi persatuan dalam realitas," ucap Anies.

Lebih lanjut, ia mengharapkan Jakarta menjadi contoh meski ada masyarakat yang datangnya dari Sulawesi, Sumatera, Nusa Tenggara, Papua, Maluku dan wilayah lainnya, rasa persatuan tetap terjaga.

"Saya berharap kita jaga itu hingga hari-hari ke depan, di saat di banyak tempat ada kekhawatirkan, tengok di Jakarta, tunjukan di Jakarta aman, tertib dan kita jaga itu semua. Dan kita berharap, bila ada yang dirasa potensi masalah, maka segera saling komunikasi, dan saling menyampaikan harapan. Dengan begitu kita bisa saling menjaga," jelasnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA