Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

AS Bungkam Australia pada Gim Pemanasan Piala Dunia FIBA

Kamis 22 Aug 2019 22:14 WIB

Red: Israr Itah

Pemain tim basket Australia Patty Mills (kiri) berebut bola dengan pemain Amerika Serikat Donovan Mitchell.

Pemain tim basket Australia Patty Mills (kiri) berebut bola dengan pemain Amerika Serikat Donovan Mitchell.

Foto: EPA-EFE/SCOTT BARBOUR
Amerika Serikat mencatat kemenangan meyakinkan 102-86 atas Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Guard Boston Celtics Kemba Walker mencetak 23 poin ketika Amerika Serikat mencatat kemenangan meyakinkan 102-86 atas Australia dalam laga pemanasan menuju Piala Dunia FIBA 2019. Laga ini bagian dari persiapan AS untuk mempertahankan gelar juara dunia.

Myles Turner menyumbangkan 15 poin dan 14 rebound, sedangkan Donovan Mitchell mempersembahkan 13 poin plus tiga assist pada gim di Marvel Stadium, Melbourne, Kamis (22/8).

"Saya salah seorang pemimpin tim ini sehingga saya hanya berusaha bermain sebaik mungkin untuk rekan-rekan satu tim saya," kata Walker yang dipilih sebagai kapten untuk pertandingan ini. "Saya senang sekali berada di sini. Saya ingin menginspirasi anak-anak muda untuk muncul."

Baca Juga

Hasil kian mengokohkan fondasi tim setelah menaklukkan Spanyol beberapa hari sebelumnya, sebelum berangkat ke China untuk Piala Dunia FIBA mulai 31 Agustus.

Dari tuan rumah, Chris Goulding memimpin Australia dengan 19 poin, sama dengan pemain San Antonio Spurs Patty Mills yang juga mengemas dua rebound dan tiga assist di hadapan 50 ribu pendukung mereka.

Juara dunia lima kali yang juga peringkat satu dunia itu versi badan basket dunia FIBA itu melesat 6-0 sebelum Mills membawa Australia mencatat skor. Amerika mengakhiri kuarter pertama dengan 22-20. Kemudian pada kuarter kedua juga unggul 44-43, dan melesat menjadi 7-61 sampai akhir kuarter ketiga.

"Kami sedang membangun dan tumbuh. Piala Dunia tempat kami berada di puncak," kata Patty Mills. 

Amerika Serikat yang dilatih Gregg Popovich perlu memangkas skuat menjadi 12 pemain dari 13 pemain yang saat ini ada. Mereka tetap favorit terkuat juara sekalipun tidak diperkuat sejumlah bintang top NBA.

Di antara bintang top NBA yang absen memperkuat AS adalah LeBron James, James Harden, Anthony Davis, Kawhi Leonard, dan PJ Tucker.

Sedangkan Australia yang juga diperkuat para bintang NBA termasuk pemain Utah Jazz Joe Ingles dan Mills, terpaksa tak diperkuat bintang NBA lainnya seperti Thon Maker, Ryan Broekhoff dan Dante Exum. AS dan Australia kembali lagi bertanding di Melbourne, Sabtu pekan ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA