Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Kepala Kambing Bakar, Kuliner Legendaris Kota Tegal

Sabtu 24 Aug 2019 06:02 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Kepala kambing terlebih dahulu direbus dengan berbagai bumbu rempah-rempah.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Jika Anda memiliki rencana untuk berkunjung ke Kota Tegal dalam waktu dekat ini, cobalah salah satu kuliner legendaris kota bahari ini. Bagi pecinta olahan kambing, tak ada salahnya jika mencicipi kuliner kepala kambing bakar yang sudah melegenda di Kota Tegal.

Yakni Warung Kepala Kambing Bu Darti yang berada di kompleks Pasar Malam, Kota Tegal. Lokasinya hanya berjarak beberapa meter dari Stasiun Kota Tegal.

Warung yang sudah ada sekitar tahun 1956 ini kini sudah diteruskan ke generasi ketiga yakni Ade (32) yang merupakan cucu dari pemilik warung. ''Sudah generasi ke tiga, dulu Mbah Radem nurun ke ibu saya Darti dan kini saya yang meneruskan," kata Ade di sela-sela kesibukan melayani pembeli.

Dalam sehari, warung yang dibuka sejam pukul 16.00 sampai 22.00 WIB ini mampu mengahbiskan 30 sampai 40 kepala kambing. "Kalau libur Lebaran bisa 70 kepala kambing," ucapnya.

Sementara, satu porsi kepala kambing bakar hanya dijual dari Rp 30.000 sampai Rp 110.000 per porsi. Hal yang spesial dari rasanya yakni, karena sebelum dibakar, kepala kambing terlebih dahulu direbus dengan berbagai rempah-rempah supaya rasanya lebih menyatu. 

"Kalau ada yang pesen baru kita angetin pake arang kemudian disiram dengan sambal kecap layaknya sambal sate kambing," tuturnya.

Meski warungnya hanya berukuran kecil, namun bukan berarti warung tersebut sepi pembeli. Terlihat pelanggan silih berganti menunggu gilirannya

Salah satunya Sunarsi (60) warga Kelurahan Sumurpanggang, Kota Tegal yang sudah menjadi pelanggan setia warung kepala kambing Bu Darti sejak dua tahun yang lalu. Ia mengaku lebih senang olahan kepala daripada dagingnya. "Kalau daging mah udah biasa, kalau kepala kan ga biasa," ucapnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA