Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Kata Anies Soal Setahun Bekerja tanpa Wagub

Kamis 08 Aug 2019 18:50 WIB

Red: Ratna Puspita

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan

Foto: Republika/Mimi Kartika
Jika terjadi kekosongan gubernur atau wagub, DPRD bertanggung jawab menetapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir genap satu tahun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menakhodai Jakarta tanpa didampingi oleh wakil. Anies pun mengharapkan DPRD DKI Jakarta "bertanggung jawab".

"Setahun ya? Dua hari lagi? Anniversary jomblo ya? Hahaha. Kan catatan sejarahnya jika terjadi kekosongan gubernur atau wakil gubernur, DPRD bertanggung jawab untuk mengisi kekosongan dengan mempersiapkan penetapan wakil gubernur," kata Anies di Jakarta, Kamis (8/8).

Baca Juga

Anies berharap DPRD segera menyiapkan segala sesuatunya agar segera bersidang. Sebab, ini bulan terakhir DPRD periode ini bertugas.

"Harapan saya, mereka bisa tuntaskan sebelum selesai masa jabatannya jadi supaya dicatat dalam sejarah. Nah ini tinggal satu bulan, mudah-mudahan nanti mereka bersidang dan terpilih salah satu," ucap Anies.

Kendati tanpa wakil, Anies mengaku menjalankan tugas dengan santai, ikhlas dan tenang. "Prinsip saya dari dulu sama. Dipuji tidak terbang, dicaci tidak tumpang. Jadi, kalau dipuji juga kemudian jadi wah besar kepala. Kalau dicaci juga rileks aja," ucap mantan Menteri Pendidikan tersebut.

Posisi wagub kosong setelah Sandiaga Uno maju dengan Prabowo Subianto ke Pilpres 2019. Sandiaga mengundurkan diri sejak 9 Agustus 2018.

DPRD DKI Jakarta menggelar paripurna mundurnya Sandiaga pada 27 Agustus 2019. Saat ini, PKS dan Gerindra sudah mengajukan dua nama menjadi Wagub DKI Jakarta, yaitu Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA