Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Dua Peserta Surabaya Marathon Meninggal Dunia

Ahad 04 Aug 2019 14:14 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andri Saubani

Ilustrasi lari maraton.

Ilustrasi lari maraton.

Foto: Republika/Bowo Pribadi
Kedua korban meninggal merupakan peserta lari kategori 10 kilometer.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dua peserta Surabaya Marathon 2019 meninggal dunia saat mengikuti event tahunan di Kota Pahlawan tersebut. Keduanya adalah CND (60) yang merupakan warga Kecamatan Blimbing, Kota Malang, dan OPS (55) yang merupakan warga Kelapa Gading, Jakarta. Keduanya merupakan peserta lari maraton pada kategori 10 kilometer.

Kedua peserta sempat pingsan terlebih dahulu, sebelum akhirnya dibawa ke RSUD dr. Soetomo Surabaya. Kedua korban meninggal dunia setelah tiba di RSUD dr. Soetomo. Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari aparat kepolisian, maupun panitia penuelenggara kegiatan tersebut.

Putri dari CND, Amalia Kautsariah membenarkan sang ayah mengikuti event Surabaya Marathon 2019 pada kategori 10 kilometer. Tapi di kilometer kedelapan, ayahnya terjatuh dan langsung diberi pertolongan medis.

"Ikut marathon 10 kilometer. Tadi udah 8 kilometer. Tadi jatuh langsung dari medis langsung ambulans. RJP (resusitasi jantung paru) gak respons, masuk IGD diadrenaline juga gak respons," ujar Amalia saat ditemui di RSUD dr. Soetomo, Ahad (4/8).

Lebih lanjut, Amalia membeberkan, ayahnya berangkat untuk mengikuti kegiatan tetsebut seorang diri. Dia menyebut, ayahnya mempunyai riwayat sakit dan sebelumnya pernah dirawat. Ia mengungkapkan, ayahnya sakit jantung. "Sempat ngamar tapi sudah sembuh. Iya kelelahan, jantung sih kayaknya," ujar Amalia.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Jawa Timur bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar event skala internasional bertajuk Surabaya Marathon 2019 pada Ahad (4/8). Event yang digelar ketiga kalinya ini diikuti 6.005 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia maupun Mancanegara.

Dalam event ini, Pemkot Surabaya telah menyiapkan 1.200 personel, baik dari jajaran Satpol PP, Linmas, maupun petugas kesehatan. Para petugas tersebut mengawal semua rute yang dilalui para peserta. Bahkan, Pemkot Surabaya juga menyiapkan 11 unit ambulan saat event tersebut berlangsung.

Event ini dibagi ke dalam dua kategori, yakni kategori 5 kilometer, dan kategori 10 kilometer. Rute yang dilintasi para peserta untuk kategori 5K, yaitu Jalan Embong Malang – Jalan Blauran – Jalan Praban - Jalan Tunjungan Siola - Jalan Gubenur Suryo - Puter di Bambu Runcing – Masuk Pnglima Sudirman - Masuk Ke Karapan Sapi - Basuki Rahmad - Finish.

Kemudian untuk rute 10K, dimulai dari Jalan Embong Malang – Jalan Blauran – menuju Bubutan – Jalan Pahlawan- puter Kebun Rojo – Jalan Tunjungan – Gubenur Suryo – Walikota Mustajab – Monkasel – Bambu Runcing – Panglima Sudirman – Karapan Sapi – Basuki Rahmad - dan finish di Embong Malang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA