Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Air Putih Penunjang Kesehatan, Kapan Waktu Tepat Meminumnya?

Sabtu 03 Aug 2019 02:48 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah / Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi minum air putih

Ilustrasi minum air putih

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Meminum air putih disarankan sesuai dengan waktu yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Fungsi air bagi tubuh manusias juga banyak mulai dari pengantar oksigen ke seluruh tubuh, pengatur suhu tubuh, membantu pencernaan, membuang racun keluar dari tubuh dan lainnya.

Agar tetap sehat, penting untuk mengonsumsi air setidaknya dua liter setiap hari. Di sisi lain, penting juga minum air pada waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat maksimal. Inilah enam waktu tepat untuk minum agar tetap sehat dan bugar, dilansir Times of India, Jumat (2/8).

1. Saat bangun di pagi hari

Baca Juga

Biasakan memulai hari dengan segelas air di pagi hari. Ini akan membantu menghilangkan racun dari tubuh dan memberi energi. Minumlah air suhu biasa atau hangat, dan hindari minum air dingin di pagi hari.  

2. Sebelum makan

Minum air sebelum makan akan membuat perut merasa lebih kenyang dan mencegah seseorang makan berlebih. Menenggak segelas air 30 menit sebelum waktu makan akan membangkitkan selera makan dan melembabkan lapisan perut. Minum sebelum makan juga bisa membersihkan rasa sisa dari makanan atau minuman sebelumnya. 

photo
Minum air putih (ilustrasi).
3. Saat lapar

Terkadang rasa lapar muncul ketika kita benar-benar haus. Jadi jika kamu lapar padahal belum jam makan, cobalah minum segelas air penuh karena bisa jadi kamu mengalami dehidrasi. 

4. Sebelum dan sesudah olahraga

Untuk melindungi dari dehidrasi, penting untuk meminum 2-3 gelas air sebelum dan sesudah olahraga. Itu juga akan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tetapi jangan minum terlalu banyak air dalam waktu singkat, karena ini akan menyebabkan kram perut.

5. Saat sakit

Tingkatkan asupan air ketika kamu sakit, ya! Selain akan menghidrasi, minum juga akan membantu tubuh menghilangkan racun penyakit dan membantu tubuh pulih lebih cepat. 

6. Saat kelelahan

Jika kamu benar-benar merasa lelah dan tidak memiliki waktu untuk beristirahat, maka minumlah segelas air. Kelelahan adalah tanda dehidrasi, dan minum air putih akan memberi sedikit dorongan bagi otak untuk rileks.

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA