Rabu 31 Jul 2019 10:42 WIB

Unhas Loloskan 21 Tim ke Pimnas 2019

Dalam 3 tahun terakhir, terjadi lonjakan signifikan tim Unhas yang menembus Pimnas.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, A Arsunan Arsin
Foto: Istimewa
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, A Arsunan Arsin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meloloskan 21 tim Program Kreativitas Mahasiswa untuk mengikuti ajang Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) ke-32. Acara ini akan digelar pada akhir Agustus 2019.

Dengan pengiriman sebesar itu, berarti dalam tiga tahun terakhir, terjadi lonjakan signifikan jumlah tim Unhas yang menembus Pimnas. 2017, Unhas meloloskan 13 tim. Sementara tahun 2018, sebanyak 16 tim yang lolos. "Tahun ini Unhas sebenarnya berhasil meloloskan 71 proposal PKM yang didanai oleh Kemristekdikti. Kita berada pada peringkat ketujuh nasional dari sisi jumlah proposal yang didanai. Alhamdulillah, dari proposal tersebut sebanyak 21 di antaranya berhasil loloskan ke Pimnas," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, A Arsunan Arsin, dalam keterangannya, Rabu (31/7).

Baca Juga

Pimnas merupakan ajang penalaran dan kreativitas paling bergengsi di kalangan mahasiswa Indonesia. Bidang Kemahasiswaan Unhas memiliki serangkaian program terstruktur dan sistematis untuk mengawal keikutsertaan mahasiswa-mahasiswa pada ajang tahunan tersebut.

Arsunan menjelaskan, dia memberi perhatian pada keterlibatan mahasiswa dalam berkreativitas. Di Unhas, ruang kreativitas mahasiswa itu terbuka seluas-luasnya, dimana mahasiswa didorong untuk memikirkan dan menghasilkan gagasan yang kreatif, inovatif, dan reliabel.

"Kita memaksimalkan pendampingan oleh dosen-dosen pembimbing. Kami membentuk Pokja atau kelompok kerja PKM pada setiap kegiatan. Jadi, mahasiswa kita dampingi sejak tahapan pemilihan tema, penyusunan proposal melalui coaching clinic. Tidak berhenti di situ, kita juga melakukan monitoring dan evaluasi internal sampai tiga kali," kata dia.

Setelah berbagai upaya internal tersebut diterapkan, Unhas juga memberikan penghargaan bagi tim yang berhasil menunjukkan prestasinya. Pada 2018 lalu, Unhas berhasil menyabet medali emas dan perak. Baik tim mahasiswa dan pembimbing memperoleh reward dari universitas sebagai penghargaan bagi mereka yang membawa harum nama Unhas.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement