Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Kementan Kembangkan Teknologi Pertanian Jeruk

Sabtu 27 Jul 2019 19:54 WIB

Red: EH Ismail

Pohon jeruk.

Pohon jeruk.

Foto: Humas Kementan
Ada sejumlah bibit jeruk yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan panen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menghasilkan inovasi teknologi untuk peningkatan produksi dan kualitasnya. Sebagai salah satu upaya hilirisasi teknologi kepada masyarakat,  Kementan mengadakan bimbingan teknis (bimtek) gratis "Teknologi Inovatif Jeruk dan Buah Subtropika"  selama 3 hari mulai 24 - 26 Juli 2019 di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) 

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk diseminasi teknologi dari Balitbangtan kepada pengguna secara langsung",  jelas Dr.  Anang Triwiratno Kasie Pelayanan Teknis dan Jasa Penelitian Balitjestro,  Sabtu (27/7)

Sebelas materi bimtek diberikan kepada 600an peserta yang mengikuti kegiatan ini. Peserta berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Baik petani, petugas, swasta, mahasiswa dan masyarakat umum , lanjutnya. 

Antusiasme peserta terlihat dari penuhnya setiap sesi penyampaian materi dari narasumber. "Bimtek ini sangat bermanfaat bagi kami di daerah karena banyak ilmu ilmu baru terutama jeruk untuk diaplikasikan pada petani",  ungkap Langgeng Jauhari peserta dari Bengkulu. 

Di sana telah dikembangkan jeruk keprok RGL dan terus bertambah areal tanamnya. Dengan potensi keunggulannya buah ini sudah memberikan peningkatan penghasilan masyarakat petani.

Sementara itu Ida Bagus Bagiharta peserta dari Bali menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan membawa dampak positif dalam peningkatan kualitas jeruk maupun buah subtropika di Indonesia. Materi bimtek  yang disampaikan di antaranya, induksi pembungaan jeruk dengan pikung, kit deteksi cepat HLB, kultur jaringan apel,  budidaya stroberi soilless, perbenihan jeruk dan masih banyak lagi. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengadopsi teknologi untuk dapat diaplikasikan dalam mengembangkan agribisnis jeruk maupun buah subtropika. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA