Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

KPK OTT Kepala Daerah di Kudus

Jumat 26 Jul 2019 18:04 WIB

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Esthi Maharani

KPK

KPK

Foto: Republika
Total ada 9 orang yang berhasil diamankan KPK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menangkap seorang Kepala Daerah di Kabupaten dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), Jumat (26/7). Sejumlah pejabat di Kudus, juga ikut diamankan dalam operasi senyap tersebut.

"KPK mengonfirmasi telah melakukan kegiatan tangkap tangan di Kabupaten Kudus sejak Jumat siang," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dikonfirmasi lewat pesan singkatnya, Jumat (26/7).

Basaria mengungkapkan, total ada 9 orang yang berhasil diamankan sampai saat ini. Mereka terdiri unsur kepala daerah, staf dan ajudan bupati, serta calon kepala dinas setempat.

"Dugaan pemberian suap terkait dengan pengisian jabatan di Kabupaten Kudus. Ada uang yang diamankan tim KPK dan masih dihitung. Kami menduga terjadi sejumlah pemberian terkait pengisian jabatan ini," tambah Basaria.

Selanjutnya, lanjut Basaria, tim KPK bakal melakukan pemeriksaan di Kantor Kepolisian setempat untuk proses lebih lanjut sebelum dibawa ke Jakarta.

"Saat ini pemeriksaan intensif sedang dilakukan. Sesuai dengan mekanisme dan hukum acara yang berlaku, maka KPK diberikan waktu 24 jam untuk menentukan status perkara dan status hukum pihak-pihak yang diamankan, apakah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai tersangka ataupun saksi," terang Basaria.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA