Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Soundtrack Film Bumi Manusia Dikemas dalam Orkestra

Jumat 26 Jul 2019 13:46 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z./ Red: Christiyaningsih

Falcon Pictures melakukan konferensi pers ost film 'Bumi Manusia' di Jakarta pada Kamis (25/7).

Falcon Pictures melakukan konferensi pers ost film 'Bumi Manusia' di Jakarta pada Kamis (25/7).

Foto: Republika/Erik Iskandarsjah Z
Purwacaraka mengaransemen soundtrack Bumi Manusia dalam format orkestra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu Ibu Pertiwi karya Ismail Marzuki dipilih menjadi soundtrack film Bumi Manusia. Rumah produksi Falcon menunjuk Purwacaraka sebagai music director. Purwacaraka mengatakan lagu yang akan dinyanyikan oleh Iwan Fals, Once, dan Fiersa Besari itu akan dikemas dengan aransemen orkestra.

“Lagunya berdurasi sekitar empat menit. Aransemen akan hadir dalam full orkestra yang juga diiringi dengan piano,” kata Purwacaraka kepada Republika usai konferensi pers di Jakarta pada Kamis (25/7).

Dalam aransemen yang disusun selama tiga hari itu, Purwacaraka menyusun aransemen menggunakan hati dan mengalir. Setelah melalui eksplorasi bersama tiga penyanyi lintas generasi itu, ia pun mantap untuk mengemas lagu dengan nuansa kolosal.

Purwacaraka mengatakan Iwan Fals ditunjuk untuk bernyanyi dengan nada rendah. Sedangkan Fiersa dan Once mendapat mendat untuk memainkan suara pada nada pertengahan dan nada tinggi. Menurutnya, perbedaan karakter suara itu akan dihadirkan secara bertahap.

“Konten dalam film ini sangat dalam. Oleh karena itu, saya menyusun lagu ini agar dapat lebih menyentuh hati penonton. Saya ingin penonton dapat bergetar saat mendengar suara mereka masing-masing dalam lagu ini,” ujarnya

Once mengatakan ia pun sangat senang dapat diajak untuk terlibat dalam film ini. Awalnya ia mengaku terkejut saat diharuskan menyanyikan lagu patriotik yang terbilang berat.

“Tapi saya jadi merasa lebih tenang, aman, dan percaya diri karena saya menyanyikanya bareng dengan para penyanyi-penyanyi andal. Lagunya pun dapat hadir secara lebih kuat karena disusun dengan gabungan beberapa karakter vokal yang berbeda,” kata Once.

Once mengaku senang membaca karya Pram karena baginya Pram adalah salah satu penulis hebat. Menurut dia, buku Pram selalu hadir secara hidup dan menyentuh. Once pun menilai Falcon berhasil membuat film yang mendekati deskripsi yang terdapat dalam buku Pram.

Rencananya, Bumi Manusia akan tayang serentak pada 15 Agustus bersama karya Pramoedya Anata Toer lainnya yang berjudul Perburuan. Film Bumi Manusia akan dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar De Jongh, dan Sha Ine Febryanti.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA