Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

DMI Imbau Kemasan Daging Kurban Lebih Ramah Lingkungan

Jumat 26 Jul 2019 00:57 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Gita Amanda

Hewan kurban di Jakarta (ilustrasi).

Hewan kurban di Jakarta (ilustrasi).

Foto: ROL/Abdul Kodir
DMI mengimbau kepada seluruh pengurus masjid memakai kantong plastik ramah lingkungan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Dewan Masjid Indonesia (DMI) Imam Addaruquthni menuturkan DMI mengimbau kepada seluruh pengurus masjid untuk memakai kantong plastik ramah lingkungan dalam mengemas daging hewan kurban pada Idul Adha 1440 hijriah. Menurut dia masjid harus berkontribusi mengurangi pemakaian plastik demi pelestarian alam.

"Sudah selayaknya saya kira masjid-masjid untuk memulai mempertimbangkan penggunaan kantong yang ramah lingkungan. Ya sudah waktunya," kata dia kepada Republika.co.id, Kamis (25/7).

Imam menyadari, penggunaan plastik di lingkungan masjid memang terbilang banyak. Selain sering digunakan untuk membungkus daging hewan kurban, plastik juga kerap dipakai jamaah untuk menyimpan sandal maupun sepatu. Ini tak bisa dinafikan sebab tempat penitipan sandal di masjid sering tidak cukup menampung alas kaki jamaah.

"Masjid adalah pusat kegiatan masyarakat, juga pusat komunitas. Biasanya jamaah menggunakan kantong plastik untuk (menyimpan) sepatu dan sandal. Karena ketika jamaah itu banyak berkumpul, maka tempat penitipan masjid itu tidak memungkinkan (menampung)," paparnya.

Solusi atas banyaknya penggunaan plastik ini, menurut Imam, sebetulnya tidak bisa dibebankan kepada konsumen. Dia menilai, perlu ada kebijakan yang menyasar pada produsen, bukan konsumen. Kebijakan tersebut sebagai upaya untuk membatasi produksi plastik.

"Kalau tidak, masyarakat tetap saja gaya hidupnya begitu. Karena gaya hidup masyarakat juga didongkrak, dipengaruhi oleh produsen. Bukan dibuat sendiri oleh masyarakat tapi oleh produsen kan," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA