Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Real Madrid Tekuk Arsenal Lewat Adu Penalti

Rabu 24 Jul 2019 08:30 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Gareth Bale (kiri) dan Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane (kanan).

Gareth Bale (kiri) dan Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane (kanan).

Foto: EPA-EFE/Juanjo Martin
Real Madrid lalu berbalik unggul 3-2 saat adu penalti lewat gol Vinicius Jr.

REPUBLIKA.CO.ID, MARYLAND -- Laga International Champions Cup (ICC) yang mempertemukan Arsenal dengan Real Madrid di FedEx Field, Maryland, Amerika Serikat (AS) dimenangkan Real Madrid lewat drama adu penalti. Kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Mendapat kesempatan menendang pertama, Reiss Nelson langsung menyarangkan bola ke gawang Madrid. Namun sebaliknya, Gareth Bale yang dipercaya sebagai algojo pertama justru gagal melakukan tugasnya. Tendangan Bale bisa ditangkap dengan baik oleh Emiliano Martinez.

Granit Xhaka gagal menunaikan tugasnya. Tendangan Xhaka bisa diblok oleh kiper Madrid Thibaut Courtois. Skor kemudian menjadi 1-1 karena Isco sukses menceploskan bola ke dalam gawang pada kesempatan berikutnya.

Pada giliran penendang ketiga, Bukayo Saka dan Raphael Varane sama-sama menunaikan tugasnya dengan baik. Skor masih sama kuat, 2-2.

Giliran berikutnya, Nacho Monreal tidak berhasil mencetak gol lantaran tendangannya membentur tiang. Real Madrid lalu berbalik unggul 3-2 lewat gol Vinicius Jr.

Kemenangan akhirnya jadi milik Real Madrid setelah penendang kelima Arsenal, Robbie Burton tidak berhasil menunaikan tugasnya. Tendangan Burton melayang jauh di atas gawang. Tim London Utara pun harus rela menelan pil pahit.

Di waktu normal, Lacazette dan Aubameyang menyumbang dua gol untuk Arsenal di babak pertama, sementara Gareth Bale dan Marco Asensio berkontribusi dua gol untuk Real Madrid di paruh kedua.

Pelatih Arsenal, Unai Emery memasang formasi 3-5-2, sementara sang rival yang diarsiteki Zinedine Zidane menerapkan formasi 4-4-2 selama laga berlangsung.

Petaka langsung datang bagi Madrid ketika bola yang ditendang penyerang Arsenal, Alexandre Lacazette mengenai tangan bek Real Madrid, Nacho Fernandez di dalam kotak penalti di menit kedelapan.

Wasit langsung mengganjar kartu kuning kedua plus kartu merah untuk mengusir Nacho sekaligus menghadiahkan tendangan penalti bagi Arsenal. Lacazette yang dipercaya sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, 1-0 untuk Arsenal.

Petaka kembali datang bagi Real Madrid setelah Lacazette memberi umpan terobosan kepada Pierre Emerick Aubameyang di menit ke-24. Dengan kecepatan penuh, ia masih mampu menggocek Keylor Navas yang menjaga gawang Real Madrid, lalu memperlebar keunggulan untuk Arsenal.

Jelang paruh pertama berakhir, giliran pemain Arsenal, Sokratis Papastathopoulos, yang menerima kartu merah dari wasit. Sokratis dianggap menyikut salah satu pemain Real Madrid di dekat kotak penalti.

Di babak kedua, permainan yang lebih atraktif dihadirkan oleh kedua tim, meski tak mengganti formasi. Gareth Bale yang masuk sebagai pemain pengganti mampu membuktikan kualitasnya ketika menyarangkan satu gol di menit ke-56 yang berawal dari kemelut di mulut gawang Arsenal.

Real Madrid yang melempem di babak pertama langsung beringas di babak kedua. Di atas kertas, Los Blancos mencatat 23 kali tendangan dengan enam di antaranya mengarah tepat ke gawang. Senada dengan itu, Arsenal juga mengancam gawang Real Madrid dengan 24 tendangan dengan delapan kali terarah. Berselang tiga menit, giliran Asensio yang menyamakan kedudukan lewat kerja sama satu-dua dengan bek kiri Real Madrid, Marcelo, yang merangsek ke pertahanan lawan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA