Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Perkara Penting dalam Penyembelihan dan Distribusi Kurban

Selasa 23 Jul 2019 16:28 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah

Seorang tukang sembelih hewan menunjukkan cara menyembelih hewan sapi yang akan dikurbankan saat pelatihan penyembelihan di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (14/8).

Seorang tukang sembelih hewan menunjukkan cara menyembelih hewan sapi yang akan dikurbankan saat pelatihan penyembelihan di Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (14/8).

Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Penyembelihan dan distribusi kurban harus dilakukan secara higienis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penanganan daging kurban haruslah dilakukan secara higienis, termasuk dalam pembagian daging kurban. 

Dosen Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB, Dr drh Denny Widaya lukman, mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembagian daging kurban.   

Baca Juga

Sebelum melakukan pemotongan daging, petugas atau panitia penyembelihan hewan kurban harus senantiasa menjaga kebersihan tangan, pakaian, peralatan dan lokasi. Sebaiknya, tangan dicuci terlebih dahulu sebelum menangani daging dan jeroan.

Dia menuturkan, penyimpanan daging dapat dijadikan satu dengan paru, hati, limpa, dan jantung. Namun, jeroan seperti usus dan perut (babat) sebaiknya dimasukkan dalam kantong tersendiri. 

 "Siapkan minimal dua kantong plastik, pisahkan daging dan jeroan. Daging dimasukkan dalam kantong plastik berbeda dengan perut dan usus," kata Denny, melalui pesan elektronik kepada Republika.co.id, Selasa (23/7).  

Untuk membagikan daging tersebut, dia menyarankan agar menggunakan kantong plastik bening atau kantong plastik untuk makanan berupa kantong plastik "food grade". Pembagian daging kurban juga dapat menggunakan daun pisang atau daun jati yang sudah dibersihkan.

Selain itu, menurut Denny, besek yang dialasi daun pisang yang bersih juga bisa menjadi alternatif dalam penggunaan wadah pembagian daging kurban. "Namun, daging dan jeroan tetap dipisahkan," ujarnya. 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA