Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Basket Putri Terhenti di Semifinal ASEAN Schools Games

Senin 22 Jul 2019 19:47 WIB

Red: Israr Itah

Ilustrasi Bola Basket

Ilustrasi Bola Basket

Indonesia takluk 55-70 dari Filipina pada laga di GOR Sahabat, Semarang, Senin (22/7)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Langkah tim basket putri Indonesia di ASEAN Schools Games (ASG) 2019 harus terhenti di semifinal. Meski sudah mengeluarkan seluruh kemampuan dan mampu mengimbangi sampai babak pertama, Indonesia takluk 55-70 dari Filipina pada laga di GOR Sahabat, Semarang, Senin (22/7).

Dimotori anggota tim Asian Games 2018, Adelaide Calista Wongsohardjo, Indonesia mampu memberikan perlawanan ketat, bahkan memimpin 22-19 pada pertengahan kuarter kedua. Namun, permainan tim nasional basket putri Indonesia mulai mengendur pada kuarter ketiga dan Filipina secara perlahan namun pasti mulai mengejar ketinggalan.

Meski kedua tim mempunyai materi pemain dengan pemain Filipina terlihat unggul dari segala sisi, terutama dalam kelincahan. Beberapa kali bola yang sedang dikuasai Adelaide berhasil dicuri oleh pemain bertubuh mungil Kemberly Limbago dan kemudian sukses dalam serangan balik.

Baca Juga

Pada pertandingan tersebut, Sophia Rebecca tampil sebagai penyumbang angka terbanyak dengan 17 angka, disusul Adelaide atau Lady dengan 12 angka. Skor tertinggi Filipina, sang juara bertahan di pesta olahraga pelajar terbesar ASEAN tersebut, dicetak Kristine Cayabyap dengan 17 angka.

"Filipina memang sulit ditaklukkan, mereka tidak hanya unggul teknik, tapi juga lebih agresif dengan stamina lebih baik, " kata pelatih Indonesia, Tjetjep Firmansyah.

Menurut mantan pelatih nasional itu, Indonesia sebetulnya memiliki banyak kesempatan mendulang poin dari free throw. Namun, dari 35 kesempatan, hanya 19 angka yang berhasil dicetak.

"Para pemain memang lelah secara fisik. Soal mental sudah tidak menjadi masalah," ujar Tjetjep menambahkan .

Dengan kekalahan itu tim basket putri Indonesia hanya memiliki peluang merebut medali perunggu, Selasa (23/7). Sementara itu di bagian putra, tuan rumah Indonesia akan menghadapi Thailand pada pertandingan semifinal, Senin malam menghadapi Thailand, sementara semifinal lainnya mempertemukan Filipina vs Malaysia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA