Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

DPRD dan Bupati Indramayu Setuju Bentuk Kab Indramayu Barat

Senin 22 Jul 2019 17:55 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Nur Aini

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menetapkan Supendi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Indramayu di Gedung Sate, Jumat (14/12).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menetapkan Supendi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Indramayu di Gedung Sate, Jumat (14/12).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Proses persiapan kabupaten Indramayu Barat selesai di tingkat kabupaten.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- DPRD bersama bupati Indramayu telah menyetujui bersama pembentukan calon daerah persiapan Kabupaten Indramayu Barat. Aspirasi itu telah disampaikan masyarakat di wilayah Indramayu barat sejak 20 tahun lalu.

Persetujuan bersama itu ditandatangani oleh Bupati Indramayu, Supendi dan Ketua DPRD Indramayu, Taufik Hidayat, dalam rapat paripurna di gedung DPRD Indramayu, Senin (22/7).

Supendi menyatakan, dengan penandatanganan persetujuan bersama antara dirinya selaku bupati dengan ketua dewan, maka proses pembentukan daerah persiapan Kabupaten Indramayu Barat di tingkat kabupaten sudah selesai. Untuk proses selanjutnya tinggal di tingkat provinsi.

Baca Juga

''Ini aspirasi masyarakat sejak beberapa tahun lalu,'' kata Supendi.

Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Indramayu, Taufik Hidayat. Dia menyatakan,  persetujuan bersama itu selanjutnya akan dikirim ke provinsi.

''Nanti langkah selanjutnya tinggal menunggu persetujuan gubernur dan DPRD Provinsi Jabar,'' kata Taufik.

Ketua Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat, Sukamto, dalam kesempatan yang sama, mengaku mengapresiasi persetujuan bersama yang dilakukan bupati dan ketua dewan terhadap pembentukan Kabupaten Indramayu Barat tersebut. 

''Proses perjuangan untuk pembentukan Indramayu Barat sudah mulai sejak 1999. Puncaknya hari ini dimana dua lembaga (eksekutif dan legislatif) sudah setuju bersama,'' kata Sukamto.

Sukamto menyatakan, setelah proses ini, pihaknya akan berjuang lagi agar pembentukan Kabupaten Indramayu Barat mendapat persetujuan dari gubernur dan DPRD Jabar. Jika sudah disetujui, langkah selanjutnya diajukan ke Kemendagri. 

Sukamto mengaku optimistis pembentukan Kabupaten Indramayu Barat akan disetujui pemerintah. Apalagi, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, sebelumnya telah menyatakan ingin mengejar ketertinggalan dari provinsi lainnya yang memiliki jumlah kabupaten/kota yang lebih banyak. 

Ketika ditanyakan mengenai adanya moratorium pemekaran daerah, Sukamto menyatakan, akan memperjuangkannya ke Pemerintah Pusat. Pihaknya akan berjuang agar peraturan yang menetapkan moratorium pemekaran daerah segera dicabut.

Sukamto menyatakan, terealisasinya Kabupaten Indramayu diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Indramayu barat. Selain itu, bisa memutus rentang kendali karena jarak yang lebih dekat. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA