Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Adab Haji dan Umrah, Seperti Apa?

Selasa 23 Jul 2019 05:05 WIB

Red: Agung Sasongko

Haji

Foto:
Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah

Ketujuh, memperbanyak sedekah.

Syekh Sayyid Nada mengungkapkan, sedekah merupakan amal yang sangat dicintai Allah, mendatangkan keridhaan-Nya dan mencegah kemarahan-Nya. Selama mengerjakan haji dan umrah, seseorang akan banyak menjumpai peminta-minta dan orang yang membutuhkan bantuan. Maka dari itu, selayaknya jamaah haji memperbanyak sedekah sesuai dengan kemampuannya untuk mendapat pahala.

Kedelapan, banyak memberikan nafkah kepada teman seperjalanan.

‘’Di dalam memberikan nafkah kepada teman seperjalanan terdapat pahala yang besar dari Allah. Di samping itu akan menciptakan perasaan gembira dan kasih sayang di antara mereka. Maka seharusnya dia meniatkannya untuk mendekatkan   diri kepada Allah, bukan untuk pamer,’’ papar Syekh Sayyid Nada.

Bertakwa kepada Allah berarti mentaati apa yang Dia perintahkan dan menjauhi apa yang Dia larang dalam segala urusan dan pada setiap waktu. Hendaknya jamah haji selalu muraqabah (merasa diawasi oleh Allah) serta menjauhi segala perkara yang mendatangkan kemurkaan Allah. Dalam hatinya seharusnya juga selalu mengaharapkan rahmat-Nya dan takut kepada kemurkaan-Nya.

Sumber: Ensiklopedi Abad Islam Menurut Alquran dan As-Sunnah terbitan Pustaka Imam As-Syafi’i

sumber : Dialog Jumat Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA