Sabtu 20 Jul 2019 04:20 WIB

Paduan Suara UNY Borong Gelar Juara di Hong Kong

Paduan Suara UNY juara lima kategori di World Youth Camp Children’s Choir Festival.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Friska Yolanda
Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Swara Wardhana UNY ketika meraih  serangkaian gelar juara dalam World Youth Camp Children’s Choir Festival  2019 di Hong Kong.
Foto: Dok UNY
Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Swara Wardhana UNY ketika meraih serangkaian gelar juara dalam World Youth Camp Children’s Choir Festival 2019 di Hong Kong.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Swara Wardhana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali mengukir prestasi membanggakan. Kali ini, mereka memborong juara dalam World Youth Camp Children’s Choir Festival 2019 di Hong Kong.

Tidak tanggung-tanggung, mereka merebut lima kategori juara. Mulai Juara satu kategori Mix Choir, juara satu kategori Folklore, The Best Conductor, Highest Score sampai Musical Connection Grandprix atau juara umum.

Pembina PSM Swara Wardhana UNY, Pujiwiyana mengatakan, prestasi ini merupakan wujud kesuksesan pembinaan UKM seni. Tentu saja, yang dilakukan jajaran kemahasiswaan dan dikomandani langsung Warek III.

"Beliau selalu memberi semangat kalau juara itu diciptakan, bukan sesuatu yang datang tiba-tiba. Dan bakat yang baik harus dikelola dengan manajemen yang bai pula," kata Pujiwiyana, Kamis (18/7).

Ia berharap, ke depan PSM Swara Wadhana UNY senantiasa diberikan kesempatan berkompetisi di level internasional. Tujuannya, tidak lain agar terus mengukir prestasi yang membanggakan bangsa.

World Youth Camp Children’s Choir Festival 2019 sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar World Youth and Children Choral Artists’ Association (WYCCAA). Pendirinya merupakan ahli paduan suara dan konduktor, Leon Shiu-Wai Tong pada 2015. WYCCAA sendiri merupakan organisasi nirlaba global yang berbasis di Hong Kong.

Pelaksanaannya didukung maestro-maestro internasional dan penasihat yang berkompeten dari lima benua. Komitmennya, tidak lain agar dapat menghubungkan dunia melalui musik. Fokusnya, membangun wadah untuk setiap pencinta musik paduan suara dan profesional untuk bertukar ide sekaligus merayakan perdamaian dan keragaman budaya. 

Selain festival, WYCCAA secara teratur mengundang maestro paduan suara untuk mengadakan lokakarya amal. Tujuannya, agar konduktor paduan suara dan guru  bisa meningkatkan keterampilan dan teknik.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, turut memberikan apresiasi atas keberhasilan yang baru saja dikukirkan PSM Swara Wadhana UNY tersebut. Ia berharap, prestasi ini mampu menginspirasi.

"Mengapresiasi dan sangat bangga atas capaian ini," ujar Sutrisna.

Capaian ini merupakan bukti hasil serangkaian persiapan yang sudah dilakukan sejak November 2018. Diperkirakan, PSM Swara Wardhana UNY akan tiba di UNY pada Jumat (19/7) siang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement